Minahasa Utara

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Kantor Imigrasi Gelar Rakor Timpora Minut

MINUT, VIRALBERITA.NET – Untuk meningkatkan sinergitas pengawasan terhadap orang asing, kantor imigrasi manado menggelar rapat koordinasi Timpora tingkat kabupaten Minahasa utara di hotel Sutan raja Watutumou 2 kecamatan Kalawat Minut, senin 24/6/2019.

Kegiatan yang dihadiri Kakanwil Kemenkumham Sulut Efendy Peranginangin, SKPD Minut, kejaksaan, TNI dan Polri membahas keberadaan orang asing yang keluar masuk di minahasa utara mengenai identitas, data tujuan dan lokasi Orang asing. Dalam setiap kedatangan dicek, jika sering datang harus dicek.

“Ada peningkatan 122 ribu wisatawan sangat mendukung perekonomian disulut. tetapi, apakah yang datang itu punya tujuan yang baik atau tidak, jangan-jangan membawa dampak buruk. inilah yang perlu pengawasan dari kita semua,” kata Efendy.

Kakanwil dalam penjelasan, Timpora dibentuk untuk membantu Imigrasi oleh semua instansi dalam rangka memberikan pengawasan kepada orang asing yang ada di Sulawesi utara.

“parawisata sangat penting terutama untuk menambah devisa daerah, namun ini perlu ada pengawasan dari semua stakeholder sesuai bidangnya. Kami berharap dengan rapat ini ada sinergitas meningkatkan koordinasi untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing yang nantinya dapat memberikan situasi yang aman dari gangguan-gangguan orang asing.

Lanjutnya, dalam pengawasan sampai juni ini sudah ada 11 orang yang di PHK. apapun temuan pelanggaran akan kami tindaki sesuai dengan aturan keimigrasian yang berlaku dan dapat dibuktikan. bahkan jika kedapatan pelanggaran dengan memperkerjakan orang asing yang tidak sesuai aturan dikenakan sanksi sekaligus dengan perusahaan yang memperkerjakan dia.

Demikian pula Kepala Kantor keimigrasian manado Friece Sumolang, SH, MH mengharapkan semakin ada sinergitas untuk memberikan informasi jangan ada ego-ego sektoral.

Berdasarkan keterangan warga negara asing yang sekarang tinggal sekitar 135 orang terdiri dari pekerja, pemilik modal, ikut keluarga.

“Kiranya masyarakat bisa menjadi mata dan telinga bagi imigrasi dalam rangka mengawasi orang asing masyarakat juga punya bertanggungjawab untuk menjaga kedaulatan negara kita.Jadi perlu ada peran serta masyarakat.

(Deibby Malongkade)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button