Minahasa Selatan

Wiau Lapi Kembali Raih Penghargaan Istimewa Dalam Penilaian Desa Anti Korupsi 2023

Minsel, viralberita.net- Desa Wiau Lapi, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan berhasil kembali meraih Prestasi dalam penilaian program Desa Anti Korupsi tingkat nasional tahun 2023, yang penilaiannya dilaksanakan pada kamis 09 November, di aula Kantor Hukum tua Desa Wiau Lapi, oleh tim penilai dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) yang diketuai oleh Andhika Widiarto.

Setelah mendapatkan kesempatan di tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi, Desa Wiau Lapi mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi persyaratan untuk tingkat Nasional, dan akhirnya mendapatkan hasil istimewa dengan nilai 91,5.

Sesuai dengan arahan dari pusat, dari KPK yang artinya program Desa Antikorupsi ini tentunya sebagai bentuk implementasi yang harus benar-benar dilakukan oleh Pemerintah Desa untuk membangun, mengembangkan, dan memajukan desanya masing-masing dengan sebaik-baiknya. Praktik ini akan meminimalisir praktik korupsi, dan melaksanakan Pemerintahan desa yang bersih dan transparan,

Sebagai informasi, upaya pencegahan korupsi melalui Program Desa Antikorupsi yang digagas oleh KPK diharapkan dapat berperan sebagai agen perubahan dan motor penggerak, gerakan anti korupsi melalui Desa.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bupati Franky Donny Wongkar SH, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Glady N. L.Kawatu, memberikan apresiasi serta rasa bangga ketika mendengar langsung hasil  penilaian dari KPK RI tersebut,

Apresiasi dan penghargaan yang tak terhingga dengan apa yang dicapai oleh segenap komponen Masyarakat Desa Wiau Lapi, teristimewa Pemerintah Desa yang ada, lebih khusus Hukum Tua Ferry Kumendong, Sekdes, BPD, dan Perangkat Desa lainnya, “mewakili Pemerintah kabupaten sangat bangga dengan hasil yang dicapai, ucap Gladi.

“Tentunya juga kita harus imani semua ini, karna perkenaan Tuhan yang dibarengi dengan kerja keras, sehingga bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan ini”,

“Terimakasih juga kepada tim penilai dari KPK RI, bersama instansi Pemerintah terkait dalam melaksanakan penilaian”, tutup Gladi.

Ferry Kumendong selaku Hukum tua Desa Wiau Lapi bersyukur karena kerja keras dan semangat dari para Pemerintah Desa bahkan masyarakat yang telah berusaha dan mempersiapkan yang terbaik sehingga boleh memperoleh hasil yang istimewa,

“Puji Tuhan, kami Pemerintah desa menaikkan puji syukur kepada Tuhan, karna pertolongan Tuhan, maka desa kami Wiau Lapi boleh mendapatkan hasil yang sangat istimewa ini”, ucap Ferry.

“Kami pemerintah desa Wiau Lapi, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Sulawesi utara, Pemerintah Kabupaten Minahasa selatan, kepada Inspektorat Provinsi sulawesi utara, Inspektorat Daerah Kabupaten Minsel, Sekda, dan semua pihak Kepemerintahan yang membantu mensuport kami Pemerintah desa”, ucap Kumendong singkat.

Hadir dalam kegiatan ini Tim Penilai Program Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 Ketua Tim Andhika Widiarto dari KPK RI bersama jajaran, dari Kementerian Dalam Negeri RI Bachtiar Sinaga, dari Kementerian Keuangan RI Teguh Nur Alam, dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Mahji, Inspektur Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Inspektur Pembantu Wilayah V Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Janeta H. A. Lapian, Inspektur Daerah Kabupaten Minahasa Selatan, Hendra Pandeynuwu.

Turut hadir juga dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Sekda, Inspektur Daerah, Kepala Dinas PMD, Kasat Pol PP, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Camat Tareran, dan dari Desa Wiau Lapi, Hukum Tua Desa Wiau Lapi bersama Perangkat Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda. *(Oru)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button