Minahasa

Sekda Minahasa Hadiri Acara Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Tahun 2023 Sulut

MINAHASA- Dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Lynda Wantania, menghadiri kegiatan penilaian kinerja aksi konvergensi percepatan penurunan stunting yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di The Hotel Sentra Manado,Senin (29/5/2023).

Dari keterangan Sekda Lynda, dalam peraturan Presiden RI No. 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting telah ditetapkan strategi nasional percepatan penurunan stunting berupa lima pilar.

Kelima pilar itu, kata Lynda, di antaranya peningkatan komitmen kepemimpinan, peningkatan komunikasi perubahan perilaku, peningkatan konvergensi, peningkatan ketahanan pangan dan gizi, penguatan dan pengembangan sistem.

Sesuai dengan amanat Perpres ini, lanjutnya, salah satu peran Pemprov adalah menyelenggarakan penilaian kinerja Kabupaten/Kota pada pelaksanaan aksi 1 sampai dengan aksi 8.

Sementara itu, Wagub Steven Kandouw dalam sambutannya mengatakan konvergensi stunting merupakan pendekatan penyampaian intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terintegrasi dan bersama – bersama untuk mencegah stunting kepada sasaran prioritas.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan sebesar 14 persen angka prevalensi stunting di tahun 2024 mendatang, sebut Wagub Steven Kandouw, Senin.

“Stunting harus turun dari 20,5 persen menjadi 14 persen di tahun 2024,” sebut Kandouw.

 

(Jefry Kandouw)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button