Dalam Rangka HUT Minahasa Utara Ke-18, DPRD Minut Gelar Sidang Istimewa

0

MINUT, VIRALBERITA.NET — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahsa utara (Minut) menggelar sidang paripurna istimewah dalam rangka Hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Minahasa utara yang ke-18 tahun yang dipimpin Ketua DPRD Denny Kamlon Lolong, S.Sos didampingi Wakil DPRD Daniel Mattew Rumumpe dan Olivia Mantiri, Bupati Minahasa utara Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung di Hotel Sutan Raja Desa Watutumou dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa utara, sabtu 20 November 2021.

Kegiatan spesial bertema Minahasa Utara tangguh, diera pandemi covid 19, dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi utara (Sulut) Drs Steven Kandouw, Sekertaris provinsi Sulut Edwin Silangen, Bupati Minahasa selatan Frangky Wongkar, Forkopimda Minut Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, Kejari Minut Fanny Widyastuti, SH.MH, Pabung Mayor Inf Jemmy Lotulung, para Pendiri Kabupaten Minahasa utara, Anggota DPRD Provinsi Sulut Melky Pangemanan, Febian Kaloh dan Hendry Walukow, para anggota DPRD Minut, KPU Minut, Bawaslu Minut, Kepala SKPD dan Camat.

Dalam sambutan, Wagub Steven Kandouw mengatakan, di usia ke 18 tahun adalah usia yang cukup untuk menjadi lebih baik dari 18 tahun lalu. Momentum HUT ini untuk kita mengintrospeksi dan mengevaluasi untuk melakukan pembangunan Minut, tahun-tahun ke depan harus lebih baik.

“Dari 15 kabupaten/kota, Minut mempunyai pertumbuhan ekonomi yang paling pesat. Mari kita optimalkan pembangunan di Minut, saling koordinasi dengan provinsi. Mewakili Gubernur Sulut, momentum ke 18 ini, harapan saya, tahun depan Minut lebih baik dan lebih hebat,”ucap Kandouw.

Sementara, Bupati Minahasa utara Joune Ganda dalam sambutan mengatakan, tema diusia 18 tahun ini mengandung makna Tangguh, sebagai upaya pemulihan ekonomi, kesehatan, serta kondisi kehidupan lainnya, menuju kabupaten Minahasa Utara hebat, mewujudkan perubahan kearah kemajuan dan sejahtera, berlandasakan iman dan gotong royong.

“Perayaan ditahun ini, kita diperhadapkan dengan Pandemi Covid 19, sebab itu, mari jadikan sebagai momentum introspeksi dalam pelaksanaan agenda pembangunan, terutama upaya pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan, pelayanan masyarakat akibat pandemi covid-19,” ucap Bupati Joune Ganda.

Lanjutnya, hadirnya Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang sebagai peluang yang harus ditangkap oleh kita. Dengan mengembangkan perekonomian dan peluang investasi, inovasi dan perkuat ketahanan pangan daerah. Covid-19 ini menyadarkan semua pihak, bahwa pangan merupakan sektor yang harus dipertahankan dari tantangan dan disrupsi. Maka dari itu, ketahanan pangan menjadi sebuah kedaruratan yang harus diantisipasi.

“Bagi seluruh ASN di Minahasa Utara, diharapkan untuk menampilkan kinerja terbaiknya, sejalan dengan asas integritas, melayani publik dengan sepenuh hati, dan profesionalisme sesuai dengan tata kelola yang baik,” tutur JG sapaan akrab Bupati.

Bupati berterima kasih kepada semua pihak, yang telah bahu membahu dalam penanganan Covid-19 di Minahasa Utara. Terutama kepada tenaga kesehatan, ASN, TNI-Polri, Camat, Hukum Tua, Lurah, Ormas serta masyarakat yang terus berakselerasi dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi daerah.

“Pandemi covid-19 menjadi refleksi dalam melaksanakan pembangunan daerah yang terus maju melalui inovasi dan kolaborasi. Sebab, kemajuan hanya bisa dicapai dengan semangat ikhtiar berinovasi dan semangat kebersamaan dan kolaborasi,” ujar Suami tercinta Ketua TP PKK Minut Rizya Davega Ganda ini.

Bupati mengajak semua mulai mendesain masa depan kemajuan Minahasa Utara, dan tidak hanya bekerja di bidang pekerjaan bersifat rutin, tapi kita perlu move on menuju bidang pekerjaan yang dinamis, seperti menyelesaikan covid-19, memasarkan potensi Minahasa Utara. Berubahlah dalam perubahan perilaku atau kebiasaan baru di masyarakat, menjadi sesuatu peluang yang smart yang tidak bisa ditolak, namun segera tangkap peluang itu dan direspon untuk mencapai Minahasa Utara meraih kesuksesan dimasa depan.

Dalam acara puncak HUT Minut, Bupati Minut dan Wakil Bupati memasang lilin HUT yang dihiasi kue-kue khas Minahasa utara dikolaborasi dan ditata membentuk angka 18, Kemudian membagikan Kue kepada Wagub, Sekprov, Wakil Bupati bersama ibu, Pimpinan DORD, Forkopimda, Ketua Ikatan Pendiri Minahasa utara (IBMU) Denny Wowiling, Sus Sualang dan Ketua Forum jurnalis Minahasa utara (Forjubir) kemudian secara serentak makan bersama.

Ketua DPRD Minut Denny Kimlon Lolong mengatakan mendukung sepenuhnya program Bupati Joune Ganda dan Wakil bupati Kevin Wilam Lotulung terutama dalam penanganan pandemi covid-19.

“DPRD Minut suport program JG-KWL.
saya berharap kita semua bersatu dalam membangun Minahasa utara,” ujar Lolong.

(Deibby Malongkade)