Minahasa Utara

Proyek SPAM Makalisung Pencairan Belum 100 Persen, Ini Keterangan Kabid SDA

MINUT, VIRALBERITA.NET — Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menampik issue Proyek pembangunan SPAM di Desa Makalisung pada tahun 2021 sebesar 1,2 milyar telah dianggarkan 2-3 kali.

Pasalnya, berdasarkan keterangan dari Kepala dinas PUPR Minut Noldy Kilapong melalui Kabid SDA PUPR Minut Elisse Ngantung, justru anggaran proyek pengadaan air bersih di Desa Makalisung belum di bayar 100 persen.

Dari keterangan nyapelaksanaan Proyek pekerjaan SPAM Makalisung sudah 100% selesai oleh kontraktor pelaksana. Tetapi proses pembayarannya dari anggaran 1,2 Milyar masih ada sisa pembayaran untuk perusahaan pelaksana pekerjaan yang tidak diminta oleh perusahaan pada akhir Desember. Oleh sebab itu, tidak ada pelaksanaan pembayaran uang sisa dan sisa pembayaran yang dilaksanakan tahun berikutnya. Itu adalah pembayaran pekerjaan awal, tidak ada penambahan anggaran oleh pemerintah terkait pekerjaan SPAM Makalisung.

“Jadi kalau ada berita bahwa ada 2 kali anggaran atau 3 kali anggaran itu tidak benar karna SPAM Makalisung hanya 1 kali anggaran sampai pekerjaan selesai. ” ucap Kepala bidang SDA Minut Elisse Ngantung.

Namun, dalam penjelasannya, sisa pembayaran sudah diusulkan dalam anggaran perubahan APBD Minut tahun 2023.

“Kami  sudah usulkan sisa pembayaran dalam anggaran perubahan,” ujarnya kepada media di kantor PUPR Minut, selasa 1 Agustus 2023.

Dari keterangannya, saat ini masyarakat Desa Makalisung sudah bisa merasakan manfaat air bersih yang digagas Bupati Minut Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Makalisung yang selama ini kesulitan air bersih.

 

Penulis: Deibby Malongkade

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button