Minahasa Utara

Open tournament Pencak Silat Bupati Minut Cup Sukses, SMANKOR Meraih Juara I Umum

MINUT, VIRALBERITA.NET — Perguruan SMA Negeri Keberbakatan dan Olahraga Tompaso (SMANKOR) Tompaso berhasil meraih juara umum dalam Tournament Pencak silat Bupati Minahasa Utara (Minut) cup yang digelar pada 26-28 April 2023 di Pendopo Kantor Bupati Minut.

Penyerahan piala langsung diserahkan usai pertandingan yang diikuti 151 atlit dari 13 perguruan Se-sulawesi utara oleh Bupati Minahasa utara Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi melalui Kepala dinas pemuda dan olahraga (Dispora) Audy Sambul, S. Sos didampingi Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Minut Ir Herry Tongkukut, Sekertaris Dispora Johan Mewengkang di Pendopo Kantor Bupati Minut, jumat 28 April 2023.

Dalam sambutan mewakili Bupati Minut, Kadispora Minut Audy Sambul menyampaikan sungguh suatu kebanggaan bagi Minahasa Utara di mana kegiatan ini diikuti oleh sekitar 13 perguruan silat yang ada di Sulawesi Utara ini. Kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dengan tidak ada suatu riak ataupun hal-hal yang tidak mengenakkan.

“Jujur hari pertama saya menyaksikan pertandingan ini tidak paham soal penilaian olahraga pencak silat ini. Namun, begitu Kami mendapatkan penjelasan dari Ketua IPSI Minut tentang penilaian ini, pada akhirnya jadi menarik buat kami untuk mengikuti pertandingan selama 3 hari. Kenapa tidak terjadi protes yang tidak mengenakkan, karena saya sendiri sebagai orang awam di pencak silat bisa melihat ataupun bisa menyaksikan bahwa para Wasit dan juri ini memang bertindak netral sesuai dengan kemampuan dari para atlet, “tutur SambulSambul didampingi Sekertaris Dispora Minut Johan Mewengkang.

Dikatakan Sambul, kegiatan ini akan dibuat agenda tahunan, berharap perguruan-perguruan silat yang ada saat ini bisa berpartisipasi pada kegiatan Bupati Cup tahun 2024 nanti. Lanjutnya, karena baru pertama kalinya pegelaran Pencak silat di Minut, peralatan ataupun fasilitas yang disiapkan untuk kegiatan ini memang masih kurang dari apa yang kita harapkan. Namun dengan seiring waktu mudah-mudahan tahun depan kita menyiapkan semakin lebih baik lagi.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada IPSI Minut yang telah menyelenggarakan acara ini dan IPSI Sulawesi utara. Terima kasih kepada pemimpin pertandingan, wasit juri yang telah memimpin acara ini, kesediaan para pelatih maupun perguruan-perguruan silat yang ada di Sulawesi Utara para atlet dan para tim medis yang sudah bersedia untuk mengikuti kegiatan ini sehingga sukses dan berhasil, ” kata mantan kepala dinas pariwisata Minut ini.

Seirama disampaikan Ketua IPSI Minut Ir Herry Tongkukut memberikan apresiasi bagi semua wasit dan juri serta semua pelatih dan peserta pertandingan yang telah ambil bagian sehingga pelaksanaan tournament Bupati Minut cup bisa berjalan dengan baik.

“Sekalipun ada kritikan namun mampu ditangani para wasit juri secara profesional. Para pelatih begitu memaklumi tidak mengandung kecurigaan, kesalahan atau memihak, dengan sendirinya kegiatan bisa berlangsung dengan baik tanpa ada proses-protes yang signifikan. Dari hasil yang telah dibacakan, itu berdasarkan hasil yang memang betul-betul usaha dari masing-masing pesilat tidak ada unsur memihak, “ucap Wakil ketua IPSI Sulut ini.

Open tournament Pencak silat Bupati Minut cup Se-Sulawesi utara dimenangkan oleh:

1. Juara I Umum piala Bupati Minut cup dari Tim SMANKOR Tompaso Minahasa

2. Juara II Umum piala Wakil Bupati dari SMI Sario Manado

3. Juara III Umum piala Ketua KONI Minut dari SMI Tikala Manado.

Sementara, Pesilat terbaik putri Claudia Kezia Lado, pesilat terbaik putra Gabriel  Bawata, wasit terbaik Rosnata Kaudis.

 

Penulis : Deibby Malongkade

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button