Berita Terkini

Open Tournament Pencak Silat Bupati Minut Cup Digelar, 151 Peserta Se-Sulut Ikut Pertarungan

MINUT, VIRALBERITA.NET — Open Tournament Pencak silat Bupati Minahasa utara (Minut) cup se-Sulawesi utara di gelar Pemerintah Kabupaten Minahasa utara bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Minut di Pendopo Kantor Bupati Minahasa utara, rabu 25 April 2023.

Acara yang dibuka Bupati Minahasa utara Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi melalui Staf Ahli Pemkab Minut Toar Sendouw, menyampaikan, Pencak silat merupakan olahraga warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan sehingga kejuaraan pencak silat ini digelar dan bertujuan untuk memberikan wadah penyaluran bakat minat dan prestasi atlit.

“Harapan kami, Kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar sehingga bisa memperoleh bibit-bibit baru atlet pencak silat berprestasi yang berasal dari Minahasa Utara, ” ucap Sendouw.

Dikatakannya, kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan untuk mempersiapkan atlet yang benar-benar siap terjun sampai level nasional bahkan internasional.

Sementara, Ketua IPSI Minut Ir Herry Tongkukut yang juga sebagai Tecnical delegate menyampaikan, saat ini kita akan melakukan atau melaksanakan kejuaraan pertandingan pencak silat piala Bupati Minahasa Utara Cup, ini adalah pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Minahasa utara yang berskala se Provinsi Sulawesi utara (Sulut) dan mencari bibit-bibit baru atlet pencak silat.

“Tournamen ini bertujuan menjaring pesilat-pesilat berpotensi meraih prestasi optimal untuk menuju kejuaraan Nasional maupun Internasional serta memupuk rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga besar Ikatan Pencak Silat Indonesia, ” ucap Wakil ketua IPSI Sulawesi utara ini.

Dari keterangan Hukum Tua Desa Serawet Likupang timur ini, hari ini pertandingan ada 40 partai, namun hanya dapat diselesaikan sebanyak 30 partai dan akan dilanjutkan besok hari.

Sebanyak 151 peserta dari 13 perguruan silat se Sulut bertarung dalam pertandingan ini. Yakni

1.Satria Muda Indonesia Sario 11 atelit

2. Petarung Ganda Bitung 12 atelit

3. Satria muda Indonesia Bitung 5 atelit

4. Belibis Putih Minut 14 atelit

5. Merpati putih Nusantara Minut 21 atelit

6. SMI tikala 15 atelit

7. Peguruan Silat Tenaga Dasar Tomohon 3 atlit

8. IPSI kota Tomohon 19 atelit

9. SMANKor SMA Negeri Keberbakatan olahraga 19 atelit

10. Tapak Suci Putra Muhamadiah Bitung 9 atelit

11. Cendrawasih Emas Minut 4 atelit

12. SMI Tuminting 7 atelit

13. PSHT (Persaudaraan setia hati terate 7 atelit

Adapun yang menjadi juri dan wasit dalam pertandingan ini, Ketua pertandingan Novel Lapasiang, Ketua Dewan Wasit juri Yunike Tumengkol sebagai wasit Internasional. Sementara, Wasit Nasional Recky Elias, Linda Kodoati, Rosnata Kaudis, Wasit daerah Henny Manoppo, Herry Sulangi, Stief Assa, announcer Nolla Kaunang dan Timer Alan Rondonuwu.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan ini, Kadispora Minut Audy Sambul, Sekertaris Johan Mewengkang, Camat Kema Daniel Komenaung dan jajaran Dispora dan IPSI Minahasa utara.

 

Penulis: Deibby Malongkade

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button