Berita Terkini

Pemdes Kalawat Salurkan BLT-DD Tahap I TA 2023, Ferry Bensuil : Semua Foto KPM Akan Dipajang di Baliho Demi Transparansi Anggaran

KALAWAT, VIRALBERITA.NET — Pemerintah Desa (Pemdes)Kalawat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2023 di Balai Desa Kalawat Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi utara, kamis 20 April 2023.

Kegiatan penyaluran BLT-DD dibuka oleh Ketua BPD Desa Kalawat. BLT-DD yang disalurkan adalah BLT-DD triwulan I (Januari Februari dan Maret) tahun 2023. Setiap bulan Rp 300.000 dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang didaftarkan 39 keluarga, total yang diterima setiap KPM sebesar Rp 900.000.

Pejabat Hukum Tua Desa Kalawat Ferry Bensuil, S. Sos menyampaikan, untuk tahun 2023, jumlah BLT-DD yang disalurkan 20 % dari Dana Desa dimana sebelumnya tahun 2022 40%. sehingga penerima berkurang, dari 78 penerima menjadi 39 penerima. Karena saat ini sudah bukan lagi berstatus pandemi COVID-19 tetapi sudah andemi, maka sesuai mekanisme persyaratan penerima BLT tahun 2023 Yang dicover sebagai penerima bantuan adalah khusus masyarakat miskin ekstrim.

“Mohon maaf untuk yang tidak lagi menerima BLT, karena sekarang yang di data adalah miskin ekstrem, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, foto dari bapak/ibu akan dimuat baliho dan dipajang di kantor desa agar ada transparansi anggaran dan setiap rumah penerima bantuan akan akan ditempel stiker keluarga miskin ekstrem, “ucap Bensuil.

Lanjutnya, untuk penerima bantuan tidak boleh ada perwakilan, sekalipun isteri ataupun suami kecuali sakit harus ada surat kuasa atau perangkat desa  langsung yang mengantarkan.

Dikatakan Bensuil, bantuan ini adalah bantuan pemerintah pusat untuk membantu perekonomian masyarakat yang miskin.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa utara Bupati Joune JE GandaSE.MAP.MM.MSi Dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung,SH MH serta pemerintah Desa Kalawat menyampaikan, selamat bagi yang menerima. Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, membelanjakan kebutuhan pokok bukan hal-hal yang tidak penting apalagidan bisa meringankan beban dari masyarakat yang ada, ” tutur Kumtua.

Kegiatan penyaluran dihadiri pendamping desa Yulita Mokodompis, perangkat desa dan para penerima bantuan.

Penulis: Deibby Malongkade

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button