Berita Terkini

Banjir Bandang Hantam Desa Klabat, Bupati Joune Ganda Langsung Turun TKP

MINUT, VIRALBERITA.NET — Banjir bandang mendadak menghantam pemukiman masyarakat Desa Klabat jaga VI Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa utara Provinsi Sulawesi utara sekitar pukul 14.00 wita, sabtu 18 Maret 2023.

Dari keterangan warga, saat itu terjadi hujan yang sangat keras dan tiba-tiba banjir berasal dari Gunung Klabat dengan kecepatan tinggi dan arus yang kuat menyeret material berupa kayu, pasir bahkan bebatuan menghantam masuk pemukiman warga Desa Klabat.

Berdasarkan data yang dirangkum media viralberita.net, 6 rumah warga rusak yakni 2 (Dua) rumah warga menjadi rusak dan digenangi air dan 4 (Empat) rumah digenangi air. Untungnya tidak ada korban jiwa. Arus lalu lintas terhenti akibat jalan yang telah dipenuhi lumpur serta material yang tidak bisa dilalui.

Namun, pemerintah Kabupaten Minahasa utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta dinas PUPR Minut langsung gerak cepat  mengambil tindakan dibantu TNI  Kodim 1310 Bitung dan Polres Minahasa utara mengevakuasi korban rumahnya ditimpa bencana tersebut membersihkan jalan agar bisa kembali dilalui serta membantu membersihkan rumah warga.

Akibat bencana ini,orang nomor satu di Minahasa Utara Bupati Minahasa utara Joune JE Ganda, SE. MAP. MM. MSi pun langsung turun ketempat kejadian dan menemui para warga  bahkan sampai malam hari.

Bupati Minahasa utara mengingatkan warga agar selalu berjaga-jaga karena keadaan saat ini cuaca ekstrem. “ Masyarakat setempat untuk tetap waspada. Seraya berdoa kepada Tuhan agar bisa terhindar dari bencana,” imbau Bupati Joune Ganda.

Pada kesempatan ini Pemkab Minut langsung memberikan bantuan kepada warga berupa bahan makanan, makanan cepat saji dan membuat posko kesehatan untuk pelayanan kesehatan warga.

Dari pantauan media ini, terlihat juga kehadiran para anggota DPRD Dapil setempat Ketua Partai Golkar Minut Edwin  Maurits Nelwan, Ketua Partai Gerindra Cynthia Ekles dan Ketua Partai Demokrat Sulut Hendry Walukow dan memberikan bantuan.

Nama-nama warga yang terkena dampak Banjir :
1.Dony rumambi
2.Kel. Korakora-Dalekes
3.Ibu Makawoge Sriwulan
4.Kel Yakob Kamagi-Silimang  (Rusak Parah)
5.Buang Silimang-Rompas (Rusak Parah)
6.Ellyas Heber

Penulis: Deibby Malongkade

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button