Minahasa Tenggara

Panwaslucam Ratahan Timur Gelar Tes Wawancara, Marvel Pandaleke Ingatkan Peserta PKD Soal Integritas dan Profesional

SERIUS: Tampak suasana tes wawancara calon PKD di Sekretariat Kecamatan Ratahan Timur.

MITRA, VIRALBERITA.NET-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Kecamatan Ratahan Timur (Ratim), menggelar tes wawancara calon Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), di Kantor Panwaslucam Ratim, Rabu (01/02/2023).

Untuk peserta yang akan mengikuti test wawancara di 10 desa Kecamatan Ratim, tercatat ada 19 calon PKD yang lolos administrasi dan mengikuti tes wawancara.

Ketua Panwaslucam Ratahan Timur, Marvel Pandaleke saat diwawancarai disela-selah kegiatan Ia menuturkan, PKD merupakan salah satu lembaga yang berwenang mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kelurahan atau desa.

“Hal itu, sebagaimana diatur dalam Pasal 89 ayat (1) dan ayat (2) huruf e Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” jelas tokoh pemuda Desa Pangu ini.

Marvel dalam kesempatan itu juga menyebutkan, setelah pendaftaran calon PKD, pihaknya telah melakukan penelusuran nama-nama calon PKD di Sipol dan Silon KPU RI. Hal lanjut pengusaha muda ini, untuk memastikan bahwa peserta PKD tidak terdaftar sebagi kader atau pengurus partai.

“Jadi sebelum seleksi administrasi, kami Panwaslucam Ratahan Timur memastikan, bahwa 19 peserta calon PKD ini betul-betul tidak terindikasi sebagai kader atau anggota Parpol dan kami tidak menimukan itu. Maka hari ini 19 peserta yang lolos administrasi ikut tes wawancara,” bebernya.

Tak sampai disitu, dia menuturkan bahwa dari peserta calon PKD yang ikut tes wawancara hari ini hanya satu orang yang diterima disetiap desa.

“Sesuai UU Pemilu hanya memerlukan satu PKD di setiap desa/kelurahan. Dan kami di Ratahan Timur hanya 10 desa, maka hanya 10 orang anggota PKD yang direkrut,” kuncinya.

Terpatau dalam tahapan tes wawancara tersebut, Ketiga pimpinan Panwaslucam itu ingatkan soal integritas dan profesional kepada peserta calon PKD jika terpili nanti.

Turut hadir, Ketua Panwaslucam Marvel Pandaleke, Angota Jefry Sumarauw dan Junamei Tendean bersama staf Sekretariat Panwaslucam serta pendampingan Dan monitoring oleh Staf Bawaslu Mitra Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Wilardo Longkutoy, S.Pd dan Arif kurniawan, S.Pd. (Bungsu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button