Berita Terkini

BNPB Salurkan Dana 350 Juta Untuk Korban Bencana Alam Minut

MINUT, VIRALBERITA.NET  —  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi mengunjungi Kabupaten Minahasa Utara sekaligus menyerahkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana Alam yang terjadi dibeberapa tempat dikabupaten Minahasa utara (Minut) pada Pada hari Jumat 27 Januari 2023

Terlihat hari ini kunjungan BNPB bersama BPBD Provinsi Sulawesi utara langsung berkoordinasi   dengan Bupati Minut Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH terkait penanganan korban bencana di Minahasa utara, diruang kantor Bupati Minut, Senin 30 Januari 2023.

Dalam kunjungan dipimpin Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Bambang Surya Putra M.Kom dan Kasub Direktorat Dukungan Pengerahan SDM, Andria Tuferyzal didampingi Kepala BPBD Provinsi Sulut Drs Joy   memberikan bantuan sebesar Rp 350 juta. Untuk operasional sebesar Rp. 250 Juta dan bantuan logistik sebesar Rp 100 Juta.

Kepala Pusdalops Bambang Surya Putra mengatakan, BNPB mendukung percepatan penanganan bencana yang terjadi di Minahasa Utara dengan dukungan operasional dan logistik, juga dukungan pendampingan manajemen berkaitan penanganan bencana.

“Karena bencana ini banyak masyarakat yang menderita, untuk itu penanganan ini harus dilaksanakan dengan cepat, dengan prinsip akuntabel, juga koordinasi yang baik dari pemerintah daerah setempat, TNI, POLRI, dan seluruh stakeholder serta seluruh masyarakat,” ucap Bambang.

Lanjutnya, Minahasa Utara merupakan DPSP Nasional dan merupakan daerah yang memiliki potensi rawan gempa mengikuti tsunami, untuk itu akan segera dibangun Desa Tangguh Bencana yang akan dilatih untuk memahami ancaman dan resiko yang ada, juga akan disediakan peralatan-peralatan persiapan dini, supaya ketika ada potensi tsunami, warga mengetahui kodenya dan cepat untuk evakuasi ke tempat yang aman.

“Kami juga akan menyiapkan layanan call center 117 yang bebas pulsa, sehingga ketika terjadi kondisi darurat, masyarakat dapat menghubungi walau tanpa pulsa, dan arahan pak Bupati Minut nantinya call center ini akan  dilengkapi dengan operator yang bisa berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin,” ucap Bambang.

Bupati Joune Ganda didampingi Wabup Kevin Lotulung menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB RI dan BPBD Provinsi yang sudah memberikan bantuan juga penguatan dan pendampingan penanganan bencana di Minahasa Utara.

Dalam pertemuan pemberian bantuan tersebut turut disaksikan oleh Sekda Minut Ir Novly Wowiling, Asisten I Umbase Mayuntu, Kepala Inspektorat Stephen Tuwaidan, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Kaban BPBD Minut Theodore Lumingkewas dan staf ahli Bupati.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button