Berita Terkini

Cegah stunting, FER Bersama BKKBN Sulut Sambangi Minsel

Minsel, viralberita.net Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene SE, bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut sosialisasikan Promosi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Pencegahan Stunting kegiatan dan momentum kepada Masyarakat Kabupaten Minsel, Kecamatan Tumpaan, di Desa Tumpaan, Jumat  (02/12/2022)

Upaya tersebut terlihat dalam kegiatan BKKBN Sulut dan Komisi IX DPR-RI yang melakukan Promosi dan KIE Pencegahan Stunting di Minahasa selatan,

Ketua Komisi IX DPR RI sapaan Felly ini, tak henti-hentinya mengajak masyarakat agar terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah stunting sejak dini.

Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting.
Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Menurut Felly, Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan atau genetik dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya,
Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan,

“Karena itu, stunting merupakan masalah serius yang sebenarnya bisa dicegah bersama,” ujar Felly,

Felly menegaskan bahwa stunting merupakan salah satu ancaman utama terhadap kualitas masyarakat Indonesia.

“Bukan hanya mengganggu pertumbuhan fisik, anak-anak juga mengalami gangguan perkembangan otak yang akan mempengaruhi kemampuan dan prestasi mereka. Stunting juga bisa menurun ke generasi berikutnya bila tidak ditangani dengan serius,” Tutup Runtuwene.

Dengan menggandeng BKKBN (Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional) Felly terus mensosialisasikan KIE (Komunikasi , Informasi , dan Edukasi, kepada Masyarakat luas.

Turut hadir di kegiatan tersebut, anggota DPRD Provinsi Sulut Stella Marlina Runtuwene, Perwakilan BKKBN Sulut, Hukum tua Desa Tumpaan Norman Tambaritji, Mantan Wakil Bupati 2005-2010 Ventje Tuela, Tokoh Gereja, dan masyarakat yang terundang, Insan Pers.

Exif_JPEG_420

Terpantau sebelumnya, Felly bersama BKKBN Sulut telah melaksanakan kegiatan yang sama di Century Restaurant dengan alumni SMEA / SMK N 1 Amurang setelah safari Natal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button