Berita Terkini

FER Sosialisasikan KIE Keamanan Mutu Alat Kesehatan dan PKRT di Motoling

 

Minsel, viralberita.net– Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Penggunaan Alat Kesehatan (Alkes) Dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) di Masyarakat adalah upaya Pemerintah untuk memberikan edukasi dan informasi kepada semua pihak agar mampu berperan dalam meningkatkan pengetahuan tentang alat kesehatan dan PKRT yang dapat digunakan

Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene SE, mensosialisasikan Penggunaan Alkes dan PKRT. Pada Selasa, (29/11/2022) bertempat di Gereja GPDI Eklesia Pusat Motoling, Kecamatan Motoling.

Pada kegiatan KIE tersebut, Komisi IX DPR-RI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan sebagai mitra kerja.

Menurut Felly, Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan alat kesehatan PKRT secara baik dan benar.
Selain itu, akan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memilih, mendapatkan, melihat iklan dari Alkes dan PKRT secara baik dan benar.

“Cerdaslah memilih Alkes dan PKRT dengan memperhatikan izin edarnya, cara penggunaan, gunakan sesuai petunjuk dan perhatikan peringatan, perhatian yang ada,” ujar Felly.

Felly Juga menambahkan, bicara kesehatan itu tidak hanya bicara sepotong-sepotong, tapi harus bicara secara utuh.

“Perhatikan lingkungan kita agar harus selalu bersih dan sehat, juga memperhatikan air bersih dan kondisi jamban, semua harus sehat,” ucapnya

Selain itu, Felly meminta warga harus cerdas dalam memilih bahan makanan yang baik. Jangan karena mencari harga yang murah sehingga kita saat ke pasar membeli bahan makanan yang sudah tidak baik

Diakhir sosialisasinya Felly mengatakan, Saya mengingatkan juga untuk memperhatikan cara penggunaan dan juga cara penyimpanan obat serta memperhatikan masa kadaluarsanya. Jangan menggunakan obat dan makanan yang warnanya sudah berubah,” tutupnya.

Terpantau, selain sosialisasi, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Vaksinasi gratis, sebagai bentuk upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi nasional dan membentuk herd immunity atau kekebalan komunal.

Aksi Vaksinasi gratis untuk anak umur 12 tahun dan untuk Dewasa Umur 17 tahun keatas, untuk dosis awal hingga booster dengan jenis vaksin Sinovac.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Tim Kerja Sertifikasi Sarana Distribusi Alat Kesehatan Kemenkes RI, Staf Seksi Farmasi Dinkes Sulut, jajaran Dinkes Sulut, serta para peserta sosialisasi, Insan pers.

*( Oru )

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button