Pertahankan Kedaulatan Pangan, Kodim 1310 Bitung Panen Jagung Perdana di Airmadidi

0

MINUT, VIRALBERITA.NET — Untuk mempertahankan kedaulatan pangan, TNI Angkatan Darat Kodim 1310/Bitung  menggelar panen jagung di perkebunan koramil 1310-06 Airmadidi jalan SBY Kelurahan Airmadidi Kabupaten Minahasa utara (Minut) Provinsi Sulawesi utara seluas 1 hektar, kamis 4 Agustus 2022.

Komandan Kodim Yoki Efriandy Gumai, M Han mengatakan, Sekarang ini presiden  sudah menyampaikan bahwa sudah banyak negara yang rawan atau krisis bahan makanan. Kita tidak ingin Indonesia yang subur makmur ini menjadi krisis bahan makanan. Untuk itu, mari kita bersama-sama dengan segenap komponen masyarakat dengan Dinas Pertanian selaku pemangku kepentingan, camat selaku yang punya wilayah kita sama-sama menghimbau kepada masyarakat untuk giat menanam tanaman pangan.

“Yang harus dipertahankan adalah kedaulatan pangan bukan lagi ketahanan pangan. Kalau ketahanan pangan mungkin kita bisa beli. Tetapi, kalau kedaulatan pangan, kita bisa menghasilkan sendiri untuk kita sendiri dan kalau ada lebihnya bisa meningkatkan ekonomi,” ucap Efriandi.

Dari keterangannya, insya Allah ke depan Kodim 1310 Bitung akan makin mengintensifkan kegiatan ini. Setiap Koramil dengan mahkodim sendiri harus memiliki lahan-lahan yang bisa kita pinjam ataupun kita manfaatkan lahan milik Kodim sendiri untuk ditanami dengan tanaman-tanaman pangan misalnya jagung ataupun tanaman-tanaman umbi-umbian hasilnya untuk operasional penanaman minimal untuk, cadangan bahan makanan.

Lanjutnya, Indonesia ini banyak yang asal usulnya dari petani tetapi setelah punya profesi lupa bagaimana menjadi petani lupa bisa menanam, lupa bisa mengolah sehingga karakteristik masyarakat Indonesia sekarang Semuanya serba beli tanaman.

“Serai beli, jahe beli, apalagi Tomat cabe pasti akan beli. Kalau kita bisa menanam sendiri kenapa harus beli, itu yang sedang saya ajarkan pada para anggota. Penghasilan atau pengeluaran-pengeluaran yang kecil itu kalau bisa di atur dari sejak awal itu pasti akan lebih banyak yang bisa diminimalisir,”ujarnya.

Dikatakan Dandim, hasil panen dipakai untuk operasional ketahanan pangan dan dibagikan kepada masyarakat untuk dikelolah sehingga kedaulatan pangan akan terus menerus dikembangkan.

” Terima kasih kepada Danramil Letda inf Adri Matili beserta seluruh anggota Koramil Airmadidi saya berikan apresiasi dan penghargaan karena sudah melaksanakan apa yang sudah dilaksanakan meindaklanjuti arahan. Koramil Likupang juga akan mulai persiapan untuk panen, kemudian nanti Koramil Lembe kemudian Koramil Bitung sedang penyiapan lahan  dan Koramil Kauditan.

Pada akhir kegiatan, Dandim Letkol Arm Yoki Efriandy menyerahkan hasil panen kepada masyarakat.

Hadir dakam kegiatan ini, Kepala dinas pertanian Ir Wangke Karundeng, Camat Airmadidi Rocky Tangkulung, Ssos, anggota koramil Airmadidi dan jajaran dinas pertanian Minut.

Penulis: Deibby Malongkade