Kodam Merdeka

KASAD Buka Seminar TNI AD VI Tahun 2022, Dihadiri Kasdam XIII/Mdk

MANADO  –  Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, S, Sos,M.Si, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI, E. J. Lumintang S.I.P dan para asisten Kasdam XIII/Merdeka, mengikuti seminar TNI AD VI tahun 2022, yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, secara virtual, Senin (27/6/2022).

Seminar TNI AD VI Tahun 2022 ini digelar di Mako Seskoad Jalan Jendral Gatot Subroto No. 96,  Bandung.

“Doktrin adalah suatu pedoman atau ajaran yang bersifat dinamis fleksibel, begitu juga dengan doktrin operasi militer yang dituntut bersifat kreatif terhadap perkembangan lingkungan strategis dalam perkembangan perang yang semakin kompleks, untuk itu perlu dilakukan perubahan- perubahan yang mendasar dari doktrin operasi militer dalam seminar ini,” kata KSAD Dudung saat membuka resmi Seminar TNI AD VI tahun 2022 ini.

Lanjut disampaikannya, bahwa Doktrin Operasi Militer Angkatan Darat yang dipakai saat ini masih mengadopsi dari negara lain yang memiliki sumber daya yang relatif sangat besar, sehingga sangat kurang realistis apabila diadopsi secara langsung menjadi doktrin militer khususnya di lingkungan TNI Angkatan Darat yang semua penuh dengan keterbatasan.

“Oleh karena itu untuk dapat dioperasionalkan dengan baik, maka TNI Angkatan Darat harus dapat melibatkan seluruh komponen pertahanan negara didalamnya,”tegas Dudung.

KASAD juga berharap kepada Perwira Muda untuk dapat memberikan gagasan ide dan pemikirannya dalam penyusunan doktrin militer.

“Saya punya keyakinan, bahwa pemikiran para perwira muda tidak kalah dengan para pendahulu untuk memberikan ide-ide cemerlang yang kreatif dan inovatif dalam meyongsong tugas ke depan,” harapnya.

Seminar TNI AD VI ini dilatarbelakangi dengan pengkajian strategis dalam menyikapi perkembangan lingkungan global di masa kini dan masa depan agar dapat menghasilkan pemikiran dalam bentuk doktrin operasi militer matra darat.

Kesempatan seminar ini juga menghadirkan pembicara atau narasumber yang tidak diragukan lagi antara lain, Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc, Asisten khusus Menhan RI Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin. Dengan  moderator Dandim 0315/Tanjung Pinang Kolonel Inf Tommy Anderson dan Sekjen Lembaga Penelitian dan kajian masalah keamanan Nasional Dr. Stepi Anriani, S.I.P, M.Si

Hadir dalam kegiatan seminar tersebut para Pangkotama dan Kabalakpus TNI AD.

(Jefry Kandouw)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button