Luar Biasa ! Sukseskan ANBK, 21 Siswa SD Nain Menyebrang Lautan

0

MINUT, VIRALBERITA.NET — Luar biasa! Demi menyukseskan program pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten Minahasa utara dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa utara Joune Ganda,SE dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, Pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 jenjang sekolah dasar (SD) 21 Siswa SD Negeri Nain Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang terpilih dari kementrian pendidikan RI harus menyeberang lautan.

Siswa SDN Nain saat tiba di pelabuhan Tiwoho Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa utara (24/11)

Melewati gelombang laut tak menyurutkan semangat para siswa dalam melaksanakan Kegiatan ANBK.  Tiba di pelabuhan Tiwoho pagi tadi langsung tancap gas mengikuti kegiatan ANBK SD Negeri Nain yang dimulai hari ini, Rabu (24/11/2021) diselenggarakan di SD GMIM Wori, Desa Tiwoho Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa utara.

Kepala sekolah (Kepsek) Meiti Tirukan, S.Pd, saat di wawancara awak media mengatakan bahwa alasan dilaksanakan di desa Tiwoho dikarenakan jaringan internet yang tidak ada, otomatis tidak bisa dilaksanakan ANBK.

“Kami membawa siswa SD berjumlah 21 orang anak sebagai peserta ANBK bersama orang tua murid, kami menumpang 3 kapal Viber yang di sewa, dengan kondisi laut bergelombang, Puji Tuhan kami boleh tiba dengan selamat sampai di pelabuhan Tiwoho,” ucap Tirukan.

Dari keterangan Meity Tirukan persiapan ANBK bagi sekolah kepulauan tidaklah mudah, mulai persiapan para siswa, pengadaan alat komputer walau harus status pinjam dan izin tempat dipersiapkan dengan sebaiknya dan terus membangun koordinasi dengan dinas pendidikan Minahasa utara. “Kami mengucapkan terima kasih untuk kepala dinas Olfie Kalengkongan yang telah membantu kami, Kepala sekolah SD GMIM Tiwoho yang sudah meminjamkan tempat dan semua yang telah membantu kami sehingga SDN Nain hari ini bisa melaksanakan ANBK,” ucapnya.

Dikatakan Tirukan, memang penuh perjuangan untuk menyiapkan semua ini, tapi saya harus berusaha demi siswa-siswi SD Negeri Nain, apalagi untuk kebaikan dan mutu pendidikan mereka ke depan, untuk meraih masa depan yang cerah.

Pelaksanaan ANBK ini dilaksanakan 2 hari dimulai tanggal 24 – 25 November 2021 dan dibagi 2 sesi yaitu sesi 1 pukul 07.30 – 11.00 sedangkan sesi ke 2 pukul 12.00 – 15.30. Para siswa SD Negeri Nain ini bersama orang tua ini menumpang nginap di rumah warga desa Tiwoho dengan dibagi 2 rumah.

Kepala Dinas Pendidikan Minut Olfie Kalengkongan yang saat itu berkunjung langsung melihat kegiatan ANBK ini, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepsek SD Nain 1. “Kami Mengapresiasi Kreativitas dan kesiapan ibu kepsek dalam memfasilitasi anak anak di SD Nain 1 untuk mengikuti ANBK, apalagi harus mengarungi lautan yang bergelombang, luar biasa semangatnya,” ucap Kadis Pendidikan Olfie Kalengkongan.

Kepala sekolah SD GMIM Jermias Bawimbang Tiwoho saat di temui, merespon baik kegiatan ANBK SD Negeri Nain. “Kami menyambut baik dan menerima, apalagi berbicara menunjang pendidikan anak, bicara pendidikan itu luas, kami harus saling menopang,” ucap Jermias dengan santun.

(Deibby Malongkade)