Tomohon

Dispora Tomohon Gelar Pelatihan Kewirausahaan untuk Pemuda

TOMOHON– Wali Kota Tomohon, Caroll J A Senduk SH menghadiri kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda di Kota Tomohon bertempat di GOR Babe Palar, Tomohon Senin (8/11/2021).

Kegiatan pelatihan pemuda yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah mengangkat tema ‘Membangkitkan Semangat UMKM Bagi Kaum Milenial di Tengah Pandemi’, akan berlangsung dari tanggal 8 – 12 November 2021, dan peserta pelatihan adalah perutusan dari 24 Kelurahan di Kota Tomohon.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tomohon Drs Ventje Karundeng dalam laporannya menjelaskan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini, adalah untuk mengembangkan minat dan motivasi pemuda untuk terjun ke dunia wirausaha, mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi, pemasaran serta jejaring kemitraan bisnis, serta mengembangkan kemampuan wirausaha muda dalam upaya pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda.

Sementara, Wali kota Tomohon Caroll J A Senduk SH dalam sambutannya mengharapkan pemuda dapat meningkatkan kemampuan mempengaruhi dan menggerakkan orang lain, sehingga mau dan rela untuk secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berkarya dalam mengisi pembangunan untuk memajukan Bangsa, mendorong kreativitas, inovasi, keberanian melakukan terobosan, dan kecepatan mengambil keputusan sesuai dengan arah pembangunan Nasional terlebih dimasa pandemi saat ini.

“Saya berharap, para pemuda agar dapat meningkatkan kemampuan mempengaruhi dan menggerakkan orang lain, agar mampu ikut serta dalam pembangunan nasional,” kata Wali Kota Tomohon.

Wali Kota Tomohon juga berharap, agar para peserta untuk turut menyukseskan program vaksin covid 19.

“Kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon mari kita sukseskan program vaksin ini, siapa saja yang belum divaksin agar dapat ikut divaksin, yang tentunya berguna untuk pribadi kita bersama anggota keluarga dan untuk kita semua,” ajak Walikota Senduk.

Ditempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng, yang juga adalah ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Tomohon yang ikut hadir sebagai pemateri menguraikan, adanya pandemi covid 19 tentunya berdampak dalam berbagai hal di tengah masyarakat, salah satunya sangat berdampak pada dunia wirausaha diantaranya, pasar menjadi  lesu, distribusi produk/barang terhambat, omset turun drastis, modal terganggu, kredit macet, dan banyak hal lainnya yang terganggu.

“Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh pada perekonomian kita. Dan sebagai pelaku usaha, harus tetap berupaya untuk  bertahan agar usahanya tetap berjalan dengan berbagai cara, misalnya, membangun kekuatan tim menjadi lebih solid, membangun strategi marketing baru, dan cara lainnya untuk tetap mempertahankan jalan usahanya,” kata First Lady Kota Tomohon ini.

Turut hadir juga dalam kegiatan pelatihan kepemudaan ini dari akademisi bersama pelaku usaha di Kota Tomohon.

(BES)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button