Berita TerkiniMinahasa Utara

Genjot Vaksinasi Covid-19, Pemkab Minut Targetkan 1500 Vaksin Perhari

Foto: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut dr Stella Safitri

MINUT, VIRALBERITA.NET — Sekalipun angka penularan virus covid-19 di Kabupaten Minahasa utara (Minut) terus menurun, namun PPKM masi level 3 karena presentasi vaksinasi masi rendah. Oleh karena itu, demi pencapaian herd immunity pemerintah kabupaten Minahasa utara genjot vaksinasi covid-19 dengan menargetkan 1500 dosis perhari.

Bupati Minahasa utara melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut dr Stella Safitri menyampaikan, saat ini Dinkes Minut semakin optimal meningkatkan vaksinasi disetiap kecamatan di Minut dan berkolaborasi bersama Kodim 1310 Bitung danĀ  Polres Minahasa uatara demi pencapaian target 70 persen pada bulan Desember 2021.

“Demi upaya menaikan level, kami melaksanakan pelayanan vaksinasi lebih optimal. Saat ini biasanya setiap kecamatan hanya 1 tim vaksinasi, sekarang pelayanan vaksinasi tim puskesmas ditingkatkan menjadi 2-3 tim. Pelayanan vaksin yang tadinya mulai pukul 9.00 pagi sampai jam 2 siang, sekarang sampai selesai jam 6 sore,” ucap Stella di ruang kerjanya kantor Dinas kesehatan Minut, kamis 4 Oktober 2021.

Dikatakan Stella, Gerai vaksin biasanya hanya satu di Zeropoint Minut, ditingkatkan menjadi 3 gerai. Yakni, di Perempatan Kauditan-Kema, Intercange Maumbi dan Zeropoin Minut. Serta 2 Rumah sakit di Minut, RS Walanda Maramis dan RS Lembean juga sudah dikerahkan buka pelayanan vaksinasi.

“Data kemarin (3/11) sudah 41,70%. Dari hasil evaluasi setiap hari beberapa hari ini bertambah 2.500 dosis/hari. Target dalam waktu dekat capaian sasaran 50% dan sampai bulan Desember 70%. Camat juga sudah kerahkan ke desa-desa untuk turun data ke rumah-rumah,” ucap mantan Kadis Lingkungan Hidup ini.

Dari keterangan Safitri, ketersediaan vaksin saat ini di Minahasa utara tercukupi, tenaga kesehatan siap. Masyarakat bisa memilih jenis vaksin yang mereka inginkan, tersedia Astrazeneca, Sinovac dan Moderna. Untuk itu Safitri meminta kerjasama masyarakat untuk divaksin.

“Kami sudah maksimal. Mohon kerja sama masyarakat untuk mau divaksin. Jangan takut divaksin, vaksin aman dan halal,” tutup Stella.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button