Tomohon

Launching Kelurahan Hijau, Wali Kota Caroll Senduk: Ciptakan Lingkungan Sehat dengan Tanam Pohon dan Bunga

TOMOHON– Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tomohon, menggelar kegiatan Launching “Kelurahan Hijau” Kota Tomohon berlokasi di Kelurahan Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara, jumat (29/10/2021).

Gerakan Kelurahan Hijau
merupakan gerakan sosial baru dimana memfokuskan pada gerakan pelestarian lingkungan hidup, gerakan kelurahan hijau dan pola hidup ramah lingkungan, dan mendorong munculnya inisiatif komunitas dalam suatu masyarakat untuk memperbaiki kualitas lingkungannya, mulai dari perubahan gaya hidup bersih, penghijauan kelurahan, pemilahan sampah, penghematan penggunaan air dan melalui aksi bersama.

Dikatakan Wali kota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Asisten Umum Drs ODS Mandagi dalam sambutannya, menjelaskan bahwa untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, hijau serta sejuk, perlu kebersamaan untuk menanam pohon dan bunga, dan juha pentingnya mengelola sampah.

“Lingkungan yang bersih, sehat dan hijau harus dilakukan secara bersama-sama. Komponen masyarakat harus melakukan penanaman pohon dan bunga,” kata Mandagi mewakili Wali Kota Tomohon.

Lanjutnya, dan yang tak kalah pentingnya juga adalah proses pengelolaan sampah.

“Proses pengolahan sampah bisa dilakukan dengan kegiatan 3R, yakni Reduce (mengurangi) Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang),” tambah Mandagi.

Dengan demikian tambah Mandagi, seluruh komponen masyarakat haruslah bersama-sama membangun komitmen untuk menjaga dan memelihara lingkungan yang hijau, agar kita senantiasa sehat dan kreatif, sebab tanpa adanya dukungan masyarakat, keinginan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, hijau serta sejuk tak akan berhasil secara optimal.

“Kami  berharap, seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dapat mendukung sepenuhnya  program ini, sehingga ke depannya, Kota Tomohon tetap bersih, hijau, sehat dan sejuk”, tutup Mandagi membacakan sambutan Wali kota Tomohon.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Tomohon, Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng yang hadir pada kesempatan itu mengatakan, guna mensukseskan kegiatan ini, maka dibutuhkan partisipasi atau peran aktif seluruh masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup dan penanganan sampah, serta penanaman pohon dan pemeliharaan bibit pohon.

Ketua TP PKK Kota Tomohon, Ny Jeand’arc Senduk-Karundeng saat memantau dan ikut merangkai bunga yang terbuat dari limbah plastik yang di daur ulang.

“Saya berharap adanya dukungan dan partisipasi masyarakat untuk ikut mengelola lingkungan, penanganan sampah serta penanaman dan perawatan bibit pohon yang ditanam,” ucap first lady Kota Tomohon ini.

Launching ini lanjut Ketua TP PKK Kota Tomohon, diharapkan mampu menekan laju perubahan iklim, dan bisa mengelola sampah secara maksimal melalui penanganan yang tepat, sehingga lingkungan menjadi lebih asri dan nyaman. Dan diharapkan juga, nantinya akan melahirkan destinasi wisata, sehingga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Saya mengimbau kepada seluruh TP PKK di Kota Tomohon, mari kita dukung dan sukseskan program kelurahan hijau, agar lingkungan kita tetap bersih, sehat, hijau dan sejuk,” ajak Karundeng.

Launching Kelurahan Hijau di Kota Tomohon ditandai dengan pemukulan tetengkoren, yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis tong eco-enzyme, kantong sampah dan bibit pohon kepada perwakilan kepala lingkungan/masyarakat dan KSM Ni Mahilekan, serta penyerahan bunga kerajinan tangan bahan daur ulang plastik dari TP PKK Kelurahan Kayawu kepada ketua TP PKK Kota Tomohon.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon, John Kapoh SS MSi, sebagai pelaksana kegiatan menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilakukan karena melihat akan pertumbuhan populasi penduduk yang semakin meningkat yang berimbas pada bertambah banyaknya pemukiman yang sudah tentu mempengaruhi kelestarian lingkungan hidup.

“Melihat fenomena saat ini, untuk itu dibutuhkan sebuah inovasi nyata terhadap pengelolaan lingkungan hidup di Kota Tomohon, agar permasalahan lingkungan dapat diantisipasi. Solusi terbaik untuk saat ini adalah dengan penerapan konsep ‘Kelurahan Hijau’ yang pada akhirnya berdampak pada penerapan ‘Kota Hijau,” kata Kapoh.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan juga peninjauan Tempat Pengelolaan Sampah – TPS 3R ‘Nimahilekan’ Kayawu, yang dirangkaikan juga dengan kegiatan penanaman pohon.

Kegiatan di Kelurahan Kayawu ini, dimanfaatkan juga oleh Ketua TP PKK Kota Tomohon, Ny drg Jeand’arc Senduk-Karundeng memantau sekaligus ikut membaur bersama para TP PKK Kelurahan dalam pembuatan bunga berbahan baku limbah plastik yang di daur ulang.

Turut hadir dalam kegiatan ini, unsur OPD termasuk Pemerintah Kecamatan se-Kota Tomohon, para tokoh agama dan masyarakat, akademisi dan pemerhati lingkungan hidup.

(BES)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button