Minahasa Utara

Pupuk Kaltim, BRI, Jasindo Dan KTNA Sepakat Dorong Industri Petani Minut

MINUT, VIRALBERITA.NET — Demi mendorong industri pertanian tetap berkembang ditengah pandemi covid-19, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dalam program “Makmur Agrosolusi” pendanaan benih dan pupuk sepakat kolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bagi 131 petani Minahasa utara (Minut) dengan 203 hektar lahan yang difasilitasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Minut yang diketuai pengusaha industri pertanian sukses, Arly Dondokambey.

Dalam kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Makmur Agrosolusi antara BRI, Pupuk Kaltim, Distributor KTNA Minut dan Jasindo hadir Bupati Minahasa utara melalui Kepala dinas Pertanian Minut Wangke Karundeng, Kepala BRI cabang Bitung (membawahi wilayah Minut Bitung) Denny Setiawan, Asisten Manajer Pemasaran Mikro BRI Christian Manaroinsong, Kepala cabang Asuransi Jasa Indonesia Saut Tarida Hasiholan, Staf pemasaran Sulut Pupuk Kaltim Deny Indra Pratama, Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey dan sekertaris KTNA Minut Herman Papia.

Deny Indra dalam penyampaian mengatakan, Makmur agrosolusi adalah program yang dilucurkan Kementrian BUMN dari PT Pupuk Indonesia (persero) tujuannya untuk mensejahterahkan rakyat dengan cara mengintegrasikan atau menyatukan ekosistem yang ada di Pupuk Kaltim, Perbankan, dinas pertanian dan perkebunan, off taker, asuransi dan distributor sehingga semuanya terjamin dari ujung keujung  menjadi satu solusi lengkap untuk petani.

“Petani mendapatkan jaminan permodalan, penyediaan benih dan pupuk non subsidi terbaik serta jaminan adanya pembeli dengan harga yang menguntungkan bagi petani,” ucap Deny Indra Pratama.

Kepala BRI wilayah Minut-Bitung Denny Setiawan mengatakan, kita sinergi tujuan untuk mensejahterahkan petani di Minut. Plafon anggaran Kredit usaha rakyat (KUR) untuk Sulawesi utara mendapat penambahan sebesar 300 Milyar untuk Minut-Bitung plafon tambahan 39 milyar yang harus segera disalurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan. “Ini momen yang bagus membantu petani jagung dan kita akan membuat klaster jagung di Minahasa utara ini, apalagi jagung adalah komoditas unggulan di Minahasa utara. BRI siap membangun UMKM dari petani komunitas jagung,” tuturnya.

Sementara, Kepala dinas pertanian Minut Wangke Karundeng memberikan suport terhadap program ini, karena sangat baik membantu petani. “Kami pemerintah mensuport dan kami akan mengawal program ini sampai selesai,”tuturnya.

Selain itu, kepala cabang Asuransi Jasa Indonesia Saut Tarida Hasiholan, menyampaikan dalam program ini, adanya jaminan asuransi dari Jasindo  yang dapat diklaim ketika terjadi gagal panen.

Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey mengatakan, sudah 6 bulan meyakinkan Bank BRI agar petani di Minahasa Utara bisa dibantu lewat sistem pendataan yaitu KUR dari pihak perbankan dan hari ini boleh terjadi PKS penandatangan kerjasama antara beberapa stakholder dalam hal ini Makmur agrosolusi dimana BRI lewat program ini mau memberi pendanaan buat masyarakat petani supaya mereka bisa mengembangkan kembali usaha di bidang pertanian jagung.

“Kami sebagai ketua KTNA yang memperkasai hal ini sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak BRI karena sesuai dengan komitmen kami dengan pihak bank bahwa pada minggu kedua di bulan Oktober akan ada petani yang akan menerima pencairan,” ungkapnya.

Disampaikan Arly, untuk sistem pengembalian sangat meringankan karena tidak mengembalikan dalam bentuk setiap bulan, tetapi dikembalikan setelah kami selesai panen dan dijual baru dikembalikan dengan bunga 6%.

pada kesempatan ini produsen Benih jagung Hibryda JH37 ini apresiasi support dari pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Bupati Minahasa utara Joune Ganda melalui Dinas Pertanian Minahasa Utara untuk dukungan terhadap program ini.

Bahkan, BRI akan memberikan solusi selain KUR untuk petani yang masi ada pinjaman KUR atau pun yang terkena checking. Karena, BRI sudah bisa diyakinkan kalau petani-petani yang ada saat ini adalah jelas petani-petani yang melakukan usaha dibidang pertanian.

Penulis: Deibby Malongkade

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button