Menaker RI Ida Fauziyah Dan Felly Runtuwene Resmikan BLK Kominitas GMAHK Minut-Bitung

0

MINUT, VIRALBERITA.NET — Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI Hj Ida Fauziyah bersama Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Whork Shop Kejuruan Seni Kuliner di jalan Kantor Bupati Minahasa utara, jumat 26 September 2021.

Dalam sambutan Ida Fauziya mengatakan, fokus Kementrian tenaga kerja adalah mendorong penguatan sumber daya manusia menjadi isu yang harus diprioritaskan. Kali ini Indonesia punya bonus demografi dimana penduduk usia produktif akan mendominasi. Artinya, semakin banyak tenaga kerja akan dipakai. Ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk menyiapkan tenaga-tenaga kerja yang berkompeten.

Dikatakannya, BLK yang dibangun kementrian tenaga kerja sejak 2017-2020 berjumlah 1.114 BLK. Total BLK seluruh Indonesia berjumlah 2.127 BLK berbasis komunitas Keagamaan.

“Mudah-mudahan BLK yang kita bangun ini bisa menciptakan tenaga kerja yang kompeten. Khusus di Sulawesi utara untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Likupang,” ucap Fauziyah.

Dari keterangannya, Kemenag memberikan sarana dan prasarana dalam menunjang proggram tersebut, membangun BLK, menyiapkan peralatan pelatihan dan menyiapkan instrukturnya serta paket pelatihan. “Setelah kami siapkan semuanya, kami harap BLK komunitas ini menjadi komunitas yang mandiri yang menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya di komunitas ini dan masyarakat sekitar,” harapan Ida.

Sementara, Ketua Komisi IX Felly Estelita Runtuwene menyampaikan, tahun 2020 di Sulawesi utara sudah dibangun 7 BLK dan akan dilanjut ditahun yang akan datang.

“BLK ini tidak selamanya dibangun oleh kementrian. Ada waktunya pengelola BLK harus bisa mandiri. Saya berharap BLK ini selamanya digunakan dan dimaksimalkan untuk anak-anak kita. Setiap tahun pasti ada angkatan kerja dan pengangguran ada.

Runtuwene berharap melalui BLK-BLK yang ada, setiap angkatan kerja itu dilatih, tidak selalu berharap menjadi pegawai negeri atau pegawai di kantor manapun. Mereka harus bisa mandiri, buka lapangan kerja bagi masyarakat sekeliling.

Anggota DPR RI dari partai Nasdem ini berharap pemerintah daerah untuk memperhatikan BLK ini. “Target kita kedepan akan menambah membangun BLK lagi dengan keahlian yang lain, contohnya teknisi, montir motor dan lain sebagainya. Intinya, mereka harus mandiri, meringankan diri mereka sendiri, meringankan keluarganya dan meringankan pemerintah,” tutur Runtuwene.

Turut hadir dalam acara ini Kadisnaker provinsi Sulawesi utara Erni Tunundu, Kadisnaker Minahasa utara Edwind Ombu serta para pimpinan GMAHK.

Penulis: Deibby Malongkade