“Jumat Bersih”, Stenly Maun Himbau Warga Selalu Jaga Kebersihan Dan Taati Prokes

0

 

Tareran, ViralBerita.Net– Wujud keperdulian perangkat desa dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong kerja bakti yang dikemas dalam “Jumat Bersih” di Desa Rumoong atas dua, Kerja bakti adalah salah satu bentuk dari kehidupan sosial, kebersamaan, dan tanggung jawab akan manfaat untuk peduli lingkungan dan tempat hidup.

Kegiatan Jumat bersih tersebut dipimpin langsung oleh Pejabat Hukum tua Desa Rumoong atas dua Bapak Stenly Maun, diikuti oleh seluruh Perangkat desa, pada Jum’at (17/09/2021). adapun gotong royong kerja bakti kebersihan tersebut meliputi, pembersihan sampah diruas jalan di daerah jalan penghubung provinsi yang mengarah ke desa Wuwuk berdekatan dengan pemancar televisi.

Maun Mengatakan “Pemerintah desa ingin menggalakkan kegiatan kerja bakti dilingkungan sekitar, dengan mengawali dan memberi contoh dan harapannya masyarakat dapat mengikuti untuk lebih sadar kebersihan lingkungan masing-masing, ungkapnya.

Manfaat positif kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa. Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini, kerja bakti bertujuan untuk mengantisipasi genangan air atau membersihkan saluran drainase dan untuk mengatisipasi wabah penyakit. terangnya.

berhubung didesa belum ada tempat atau lokasi pembuangan sampah, jadi dihimbau untuk setiap warga/keluarga menyediakan tempat pembuangan sampah dipekarangan rumah masing-masing, mininal sampah yang bisa dibakar seperti sampah plastik, daun, ataupun popok, agar sampah tidak menumpuk, imbau Maun.

Selain itu, Kumtua juga berharap akan kesadaran masyarakat terlebih dimusim penghujan seperti ini, agar lebih memperhatikan 3 M, (menguras, menutup, menimbun), agar terhindar dari virus demam berdarah,

“mari torang bersama mencegah wabah penyakit seperti virus corona, dan juga virus demam berdarah apalagi dimusim penghujan seperti ini. Dan stop jo,, buang-buang sampah di daerah itu lagi, karena area itu adalah jalan penghubung provinsi, tegasnya.

Maun menutup wawancaranya dengan harapan agar masyarakat selalu membantu dan menopang akan program-program pemerintah, terlebih mentaati protokol kesehatan yang ketat agar semua terhindar dari wabah covid-19. (Oru)