ManadoSulut

Tentara Langit Manado  Diminta Profesional Diperairan

MANADO, VIRALBERITA.NET — Tentara Langit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado melaksanakan latihan renang militer di Kolam Renang Dodikjur Resimen Induk Kodam XIII/ Merdeka (Rindam), Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa (31/08/2021).

Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., mengatakan latihan renang militer ini bertujuan agar prajurit TNI AU memiliki kemampuan renang militer disamping penguasaan dalam bidang kedirgantaraan. Hal ini sebagai upaya agar prajurit TNI AU dapat survive, profesional dan militan dalam pergerakan di air.

“Hari ini, prajurit Lanudsri melaksanakan latihan renang militer menggunakan senjata dan helm militer. Selain untuk meningkatkan kemampuan survive di air, juga untuk meningkatkan profesionalisme dan militansi sebagai prajurit TNI secara umum dan TNI AU pada khususnya. Selain itu, agar para prajurit tetap memiliki kebugaran fisik, sehingga akan selalu siaga dan fokus dalam kegiatan kedinasan sehari-hari. Sisi positif lainnya adalah menghilangkan kepenatan terhadap rutinitas pekerjaan”, ujar  Komandan Lanud Sam Ratulangi kepada Penerangan Lanud Sam Ratulangi, yang menambahkan bahwa Latihan Renmil ini dilaksanakan dalam rangka mengaplikasikan perintah Kasau yakni meningkatkan kualitas SDM, atas seijin Pangkoopsau II dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, ditemui secara terpisah Kasi Opslat Lanud Sam Ratulangi Letkol Lek Riki Husman selaku koordinator latihan mengatakan, latihan renang militer dapat memelihara kesehatan seluruh prajurit, meningkatkan kemampuan pergerakan senyap di air dan profesionalitas prajurit.
“Kegiatan ini untuk mengetahui dan menguji kemampuan ketangkasan renang setiap prajurit, untuk menjaga kondisi fisik dan memelihara kebugaran jasmani menuju profesionalisme prajurit Lanud Sam Ratulangi. Renmil dilaksanakan dengan jarak 50 meter dan dilaksanakan secara bertahap. Dengan menggunakan pakaian dinas lapangan dan mengenakan helm serta bersenjata”, jelas Letkol Lek Riki Husman.

Lebih lanjut, Danlanud telah memerintahkan agar direncanakan pula Latihan Menembak serta Latihan Pemadam Kebakaran di Lanud Sam Ratulangi, pada pertengahan bulan September mendatang.

Secara umum kegiatan Renmil kali ini, dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar dan tercapai indikator keberhasilan yang diharapkan.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button