Sulut

Bermanfaat dan Miliki Harga Fantastis, Arly Dondokambey Ajak Warga Budidaya Tanaman Porang

Foto:Ketua KTNA Minahasa utara Arly Dondokambey

MINUT, VIRALBERITA.NET — Tanaman porang adalah tanaman yang saat ini lagi populer didunia, selain memiliki banyak manfaat tetapi punya nilai jual yang fantastis. Hal tersebut disampaikan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Minahasa utara Arly Dondokambey kepada media, jumat 27 Agustus 2021.

” Saat ini tanaman porang menjadi primadona Indonesia karena mempunyai permintaan pasar yang tinggi dari mancanegara, terutama negara Jepang, Cina dan Korea. Karena Tanaman porang di tanah Indonesia tumbuh subur,” ucap Dondokambey.

Dari keterangan Arly, manfaat tanaman porang adalah untuk makanan, bahan baku cat, kosmetik dan obat-obatan sehingga permintaan pasar sangat tinggi dan miliki harga yang sangat tinggi yang sangat berdampak baik bagi ekonomi masyarakat.

“Harga porang dalam 1 hektar bisa mencapai 700 juta rupiah dengan modal bibit sekitar 40 juta dan sangat mudah untuk ditanam,” ucap Arly yang juga tergabung dalam Koperasi porang Sulawesi utara.

Ketua KTNA Minut ini mengajak agar masyarakat membudidayakan tanaman porang. Kami koperasi porang Sulut selalu mensosialisasi pembudidayaan tanaman porang dan siap memfasilitasinya bagi masyarakat.

“Kami koperasi porang Sulut telah memiliki sertifikat resmi siap memfasilitasi pembibitan tanaman porang unggul bagi para petani. Bukan hanya itu saja, tetapi hingga membeli hasilnya dari masyarakat berapa hektarpun,” pungkasnya.

Tanaman porang sudah menjadi komuditas unggul kebutuhan dunia sehingga satu-satunya tanaman yang di Launching Presiden Joko Widodo dan kementrian pertanian.

“Mari kita budidayakan tanaman porang. Tanaman ini punya nilai pasaran yang tinggi dan bermanfaat. Caranya hanya menanam bibit saja dan tanaman ini bertumbuh subur di Sulawesi utara,”tutupnya.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button