Terapkan PPKM Level 4, JG: Penting! Kami Minta Dukungan Masyarakat

0

MINUT, VIRALBERITA.NET — Kabupaten Minahasa utara (Minut) masuk daftar penerapan PPKM level 4 dari 45 Kabupaten /kota yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, Bupati Minahasa utara Joune Ganda SE semakin seriusi penanganan penularan covid-19 bekerja sama dengan TNI dan Polri guna penerapan PPKM level 4 dengan menggelar rapat bersama Tim gugus tugas covid-19 Minut, senin 26 Juli 2021 diruang rapat Bupati Minahasa utara.

Bupati Joune Ganda sekaligus ketua tim gugus tugas covid-19 Minut didampingi Wakil bupati Kevin William Lotulung SH MH memimpin jalannya rapat yang dihadiri Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau, Pabung Kodim Bitung Mayor Inf Jemmy Lotulung, Asisten 1 Minut dr Jane Simons, Kepala Dinas Kesehatan dr Youce Togas, Kepala BPBD Jovita Supit dan Kepala Dinas Sosial dan PMD Alprets Pusunggalaa.

Dalam press conference bersama wartawan, Bupati JG panggilan akrabnya mengatakan, penerapan level 4 ini dimulai hari ini (26/7) sampai 8 Agustus 2021 dengan maksimal pada semua desa khususnya desa-desa dengan zonasi merah.

“Pemberlakukan PPKM level 4 dimulai hari ini (26/7) dengan penjagaan keamanan yang ketat dengan melibatkan TNI dan Polri juga perangkat daerah serta perangkat desa di desa masing-masing,”ucap Bupati.

Dalam kesempatan ini Bupati meminta dukungan dan Sinergitas masyarakat dalam penerapan PPKM level 4 demi meredam angka penularan covid-19 di Minahasa utara.

“Yang paling penting dalam penangan covid ini adalah Sinergitas pemerintah dan masyarakat. di pulau Jawa dan Bali mereka berhasil menurunkan angka penularan dengan menerapkan PPKM level 4. memang butuh perjuangan.
kami mengharapkan masyarakat ikut membantu,”pungkasnya.

lanjutnya, salah satu cara adalah kerjasama pemerintah dengan masyarakat, masyarakat harus patuhi protokol kesehatan dan instruksi pemerintah PPKM level 4.

“masyarakat harus menahan diri, kita ini sementara perang, perang melawan covid. mari kita berjuang bersama, “pinta Ganda.

Ganda juga mengingatkan agar masyarakat jangan terlalu bereforia ketakutan dengan covid-19, angka kesembuhan dan kematian perbedaan jauh sekali, Karena banyak yang sembuh. Perawatan cukuo dirumah saja, kecuali yang mengalami penyakit berat dirawat di rumah sakit.

” Kunci keberhasilan ada pada masyarakat, jika masyarakat taat kita pasti keluar dari masalah ini. ketaatan dari masyarakat itu penting. Kolaborasi pemerintah dan masyarakat akan membantu turunnya penularan covid-19,”ucapnya.

Pada kesempatan ini juga bupati menyampaikan sedang fokus tahap 2 dan kita sementara menunggu vaksin tahap pertama untuk yang belum vaksin.

“Prestasi dinas kesehatan kita perlu diapresiasi. kedatangan vaksin langsung diberikan masyarakat.perna 1000 vaksin hanya habis 3 hari,”ujarnya.

Kabar gembira bagi kita hari ini ungkap Bupati, bahwa angka kesembuhan lebih tinggi dari angka penularan.

Dalam rapat tim gugus tugas covid-19 Minut, Bupati menyampaikan, penerapan PPKM level 4 semakin tegas, Desa/kelurahan yang pasang tenda ditiadakan, laksanakan PAM disetiap desa/kelurahan, Hukum tua dan prangkat desa yang tidak aktif/koperatif dibebas tugaskan selama 3 bulan dan perangkat desa, harus ada efek jerah dalam penerapan PPKM level 4 ini dan batas waktu aktifitas jam 8 malam.

Selain itu, untuk desa dengan zonasi merah dana covid-19 8 persen bisa ditambah, cadangan pangan harus dimanfaatkan pada level 4 ini. Kadis Kesehatan pastikan vitamin tersalur, bagi yang isoman bantuan dari Pemkab Minut dan tambahan revisi dari Kaban BPBD Jovita Supit ibadah pemakaman sebelumnya 2 hari jadi 1 hari.

Sementara, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau mengatakan, harus mengontrol anggota dilapangan serta akan ada penyekatan di 4 titik.

Dandim Kodim 1310 Bitung melalui Pabung Mayor Inf Jemmy Lotulung menyampaikan, agar kepala desa dan perangkat desa yang malas lakukan PPKM level 4 diberikan tindakan yang tegas, dan TNI akan siap membantu Pemerintah dan Polri dalam pelaksanaan PPKM level 4.

(Deibby Malongkade)