Minahasa Selatan

Launcing Desa Digital Pertama di Minsel Sukses digelar

 

Minsel, ViralBerita.Net- Salah satu Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel), yang digagas Bupati Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, mengenai “Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik”, nampaknya mulai diejawantahkan dengan baik oleh desa.

Seperti yang ditunjukkan Desa Motoling Dua, Kecamatan Motoling, dengan membuat sistem Desa Digital pertama, yang dilaunching, Rabu (30/06/2021).

Dalam kegiatan Launching Perdana Desa Digital tersebut, Bupati Franky Wongkar, mengapresiasi Pemerintah Desa Motoling Dua atas inisiatif, kreatifitas dan kerja nyata untuk membangun dan memberdayakan masyarakat. “Melalui beroperasinya Desa Digital ini, saya berharap hal ini dapat dicontoh oleh desa-desa yang lain, demi peningkatan kualitas layanan pelayanan publik dan kemajuan masyarakat,” ujar Bupati saat menyampaikan sambutan.

Melalui Desa Digital ini lanjut Bupati Frangky Wongkar, tidak hanya akan meningkatkan optimalisasi kinerja pemerintah desa, juga dapat mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas pelayanan dan kegiatan ekonomi masyarakat. “Jika terus dikembangkan secara sinergis, ini dapat menjadi dasar bagi transformasi masyarakat menuju budaya digital, yang muaranya diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Bupati.

Menurut Bupati Franky Wongkar, digitalisasi sistem pemerintahan harus dilakukan saat ini, terlebih di masa Pandemi Covid-19, dimana ruang gerak terbatas secara fisik. Begitu juga dalam bidang pertanian , perkebunan, peternakan, hingga distribusi dan pemasaran produk. “Karena itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk mempergunakan peluang digitalisasi dengan sebaiknya. Terus berkarya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat untuk memantapkan sumber daya manusia yang berbudaya, sehat dan berdaya saing dan memantapkan birokrasi yang profesional melalui tata kelolah pemerintahan yang baik sebagai salah satu misi pemerintah daerah,” ujar Bupati.

Bertempat di Kantor Desa Motoling dua Kecamatan Motoling, Launcing Desa Digital pertama di Kabupaten Minahasa Selatan, yang diresmikan oleh Bupati Franky Donny Wongkar,SH.

Launcing Desa Digital pertama di Minsel ini menjadi perhatian warganet, pasalnya, Desa Digital satu satunya yang ada di Minahasa Selatan, terbilang wow… Lantaran inovatifnya Plt Hukum Tua Donal Pesik, dengan kelebihan dari personal dan personil perangkat desa,yang memiliki Ilmu IT yang luas.

Donald Pesik Plt Hukum Tua Desa Motoling dua, menjadikan desanya sebagai Desa Digital. Dan terpantau bahwa ini adalah yang pertama di Kabupaten Minahasa Selatan. Saat ditemui sejumlah media, Kumtua Donal mengatakan bahwa, “hanya termotivasi dari sebuah pelayanan untuk Masyarakat di era covid-19 ini yang dengan mudah berdampak negatif bagi Masyarakat luas,. Katanya

Selain itu, Donal menjelaskan bahwa menjadi desa Digital dengan pelayanan secara online, atau secara menyeluruh, semua secara online. Lanjutnya,. pernyataannya kepada media ini agar masyarakat tidak akan bertatap muka langsung dengan pemerintah, berhubungan ancaman pandemi Covid-19 yang masih berlanjut.

Plt Hukum Tua yang awalnya adalah seorang pendidik juga menambahkan bahwa, untuk pengurusan administrasi desa secara online misalnya, pengurusan surat keterangan Kartu keluarga, KTP, SKU, pembuatan Akte nikah, akte lahir, semua yang berbentuk surat, kami dari Pemdes akan melayani secara online lewat Web Desa Motoling dua. Selain itu, pada saat ini juga kami melakukan pengukuran tanah hanya dengan memakai alat digital Droun, yang pada awalnya kami kerjakan secara manual dengan memakan waktu 3 hari, tapi pada saat ini kami lakukan hanya dengan menghitung jam bahkanpun hitungan menit pengukuran tanah tersebut sudah selesai, ungkap hukum tua Donal Pesik.

Tambahnya lagi, pengurusan surat surat tersebut, setelah sudah selesai, kami Pemerintah siap mengantarkan sampai kerumah warga lewat kurir Prades yang dijadwalkan sebagai piket jaga.

Kami juga bersyukur karena kami bisa bersaing dengan desa desa lain secara nasional di Indonesia. Kami hanya berharap untuk membuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, bagi rakyat Indonesia khususnya di Desa Motoling dua kecamatan Motoling kabupaten Minahasa Selatan yang kami cintai, tambah Hukum Tua.

Sekedar informasi katanya, di Web Desa Motoling dua juga, warga masyarakat bisa menemukan bahan bahan jualan mulai dari sembako alat digital dan lain lain yang dijual secara online oleh warga, semoga kedepan inovasi yang ada saat ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan benar untuk keperluan bersama”, Tutup Pesik.

Drs. Sonny Umboh, Camat Kecamatan Motoling saat ditemui media mengatakan, “Hal ini patut kami acungkan jempol, untuk Plt Hukum Tua Motoling Dua, dengan inovasinya yang bisa mengangkat nama Kecamatan Motoling, lebih khusus kabupaten Minahasa Selatan hingga bisa bersaing dengan Desa desa dan Kabupaten kota lain, yang berada di Indonesia, Ungkap Camat

Harapan kami untuk Desa-desa yang lain khususnya di wilayah kerja saya Kecamatan Motoling, agar jangan ketinggalan, hendaklah kita mengikuti jejak yang baik seperti yang sudah dilakukan oleh Plt Desa Motoling dua, agar kita semua bisa sama sama maju, dan maju sama-sama di era Digital ini”, tandas Camat Umboh.

Turut hadir dalam Launching Perdana Desa Digital tersebut, Sekretaris TP PKK Minahasa Selatan Ny. Rembang Juliwati, beserta pengurus TP PKK Kabupaten, didampingi Pengurus TP PKK Kecamatan Motoling, Kadis Kominfo Roy Mandey SH, Camat Motoling Drs. Sonny Umboh, Hukum Tua se-Kecamatan Motoling, Forkopimca Motoling, Babinsa Motoling, Sertu Rahmat Agus mewakili Danramil, Kapolsek Motoling Iptu Mulyadi lontaan, Tokoh Masyarakat Kiki Paat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda Desa Motoling Dua.

Tim liputan “Ola”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button