Melawan Bupati, Israel Segera Dicopot Plt Hukum Tua Kema 1

0

Foto: Kepala Inspektorat Minahasa utara Umbase Mayuntu

MINUT, VIRALBERITA.NET — Plt Hukum tua Kema 1 Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa utara Israel Pangemanan akan segera dicopot dari jabatannya.

Pasalnya, Inspektorat Minahasa utara langsung turun lapangan lakukan inspeksi ke Desa Kema 1 berdasarkan rekomendasi dari Camat Kema Filma Antoni atas tindakan melawan aturan yang dilakukan Plt Hukum tua Kema 1 yang memecat 11 perangkat desa sekaligus pasca dilantik pada 16 April 2021.

Hal tersebut disampaikan Kepala Inspektorat Minut Umbase Mayuntu saat memerintahkan tim khusus untuk turun ke Kema 1. “Plt Kema 1 telah melawan Bupati. Sudah ada rekomendasi dari Camat Kema. Saat ini Inspektorat akan turun lapangan untuk konfirmasi dengan aparat,” ucap Mayuntu.

Dari keterangan Mayuntu, Jika mendapat informasi yang akurat, maka Plt Kema 1 siap digantikan. “Jika hasil konfirmasi akurat, langsung direkomendasi untuk digantikan,” tegasnya.

Informasi sebelumnya, Bupati Minahasa utara Joune Ganda,SE dalam pengarahan saat melantik 48 hukum tua pada 16 April 2021 menyampaikan, agar para hukum tua menaati aturan-aturan yang ada dan tidak boleh melakukan pergantian perangkat desa.

Pemberhentian perangkat desa sudah diatur dalam Pasal 53 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

(Deibby Malongkade)