Sebuah Granat Mortir Diamankan Danramil 1310-02 Bitung

0

BITUNG, VIRALBERITA.NET — Danramil 1310-02/Lembeh Kodim 1310/Bitung mengamankan benda menyerupai granat mortir yang ditemukan seorang petani Yuspriato Sensor (46) di Pantai Aerbajo Kelurahan Binuang Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung, (24/4/2021).

Dari keterangan Yusprianto, sekitar
Pukul 07.30 Wita (24/4) Yusprianto Sensor berangkat dari Pantai Kambahu Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga menyeberang dengan menggunakan perahu sampan dalam rangka melihat kebun kelapa di Kelurahan Binuang Kecamatan Lembeh Utara.

Sekitar Pukul 08.00 Wita, Yusprianto Sengsor tiba di Pantai Aerbajo. Namun, pada saat hendak akan turun ke pantai Sengsor melihat sebuah benda yang diduga adalah sebuah granat mortir.

“Saya langsung mendekati benda tersebut dan mengamankan serta membawa ke gubuk di kebun milik saya,” kata Yusprianto.

Diduga sebuah mortir, Yusprianto segera menghubungi Plh. Danramil 1310-02/Lembeh Kodim 1310/Bitung (Peltu Edyzon Kasenda) dan memberitahukan bahwa telah menemukan sebuah benda serupa granat mortir di Pantai Aerbajo Kel. Binuang Kec. Lembeh Utara.

Pukul 11.10 Wita, Plh Danramil 1310-02/ Lembeh Peltu Edyzon Kasenda) menghubungi Babinsa Kelurahan Binuang Sertu Ridwan Lahabu dan Perwira Jaga Koramil Serma Eben Heser serta memerintahkan untuk menuju ke lokasi di temukannya sebuah benda yang diduga granat mortir.

Babinsa Sertu Ridwan Lahabu dan Perwira Jaga Koramil 1310-02/Lembeh Serma Eben Heser langsunh menuju lokasi penemuan.

Setiba di lokasi penemuan sebuah benda granat kesua anghota TNI tersebut menemui Yusprianto Sengsor dan mengumpulkan keterangan.

“Kami mengamankan sebuah benda granat mortir dari seorang petani dan membawanya ke Kantor Koramil 1310-02/Lembeh,” pungkas Serma Eben.

Benda serupa granat mortir yang ditemukan berukuran Panjang kurang lebih 25 Cm, berdiameter kurang lebih 4 Cm, dengan berat kurang lebih 30 Kg diamankan di kantor Koramil 1310-02/Lembeh.

“Kondisi masih terlihat baik namun pada bagian ekornya sudah dalam keadaan berkarat,” terang Sertu Lahabu.

Saat dikonfirmasi, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han., mengatakan terkait penemuan tersebut, Sampai saat ini sebuah benda granat mortir sudah diamankan di Ruang Piket jaga Koramil 1310-02/Lembeh.

“Sebuah benda granat mortir tersebut belum diketahui jenis dan asalnya. Namun saya memerintahkan anggota saya agar benda tersebut jangan dimainkan dan segera hubungi Denpal dan Interem 131/Stg untuk proses selanjutnya,” terang Dandim.

(*/Deibby Malongkade)