Dipilih Kemenparekraf, Minahasa Utara Masuk Sistem Penilaian Ekonomi Kreatif Indonesia

0

MINUT, VIRALBERITA.NET — Kabupaten Minahasa utara menjadi salah satu daerah yang masuk sistem penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf). Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara hasil uji petik penilaian mandiri Kabupaten/kota kreatif Indonesia (PMK3I) antara Bupati Minahasa utara Joune Ganda SE didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH MH dengan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf¬† Selliane Halia Ishak di kantor Bupati Minut, jumat 23/4/2021.

“PMK3I merupakan metode untuk memetakan dan mengidentifikasi subsektor ekraf potensial dari suatu Kabupaten/Kota secara terstruktur. Sesuai arahan kami melakukan uji petik di 5 Daerah Super prioritas (DSP), untuk pertama di Minahasa utara. “ucap Selliane Halia Ishak.

Lanjutnya, uji petik ekonomi kreatif
untuk memunculkan profil Minahasa utara. apa yang paling potensial yang memiliki keunggulan dan komperatif dari semua sektor yang ada.

“Setelah menandatangani ini, kita harus menjalankan komitmen untuk melakukan pengembangan ekonomi kreatif dengan saling mendukung untuk tumbuh bersama. Harapan kami semoga sudah ada peta Minahasa utara,” harapnya.

Dikatakan Ishak, dari hasil uji petik sektor musik dipilih menjadi subsektor pengungkit di Minahasa utara. semoga bisa kerja sama untuk menunjang DSP KEK Likupang. DSP tidak lepas dari hasil karya dan potensi-potensi yang ada di Minahasa utara untuk diangkat menjadi Icon.

Kepala dinas Pariwisata Provinsi Sulut Henry Kaitjilly SH mengucapkan trima kasih telah memilih ekonomi kreatif di Minahasa utara. Minut punya banyak potensi-potensi hasil karya kreatif.

“Potensi-potensi ekonomi kreatif adalah Diamon yang belum dirasakan. Kabupaten kreatif bisa mengembangkan ekonomi kreatif di Sulawesi utara. Kabupaten kreatif harus memberikan bunefit kepada masyarakat,” tutur Kaitjilly.

Sementara Bupati Minahasa utara mengatakan, peluang yang luar biasa, dimana kabupaten Minahasa utara di ikut serta kan sebagai kota kreatif se Indonesia. “Kita akan mendorong dan membantu semua pelaku ekonomi kreatif untuk menunjukkan bahwa kabupaten Minahasa utara memenuhi syarat, layak ikut serta sebagai kabupaten kreatif, “ucap Ganda.

Khusus kolintang, sebagai koordinator kolintang ke unisco, Ganda menyampaikan, Kita akan kolaborasi dan bawa ke dunia internasional sebagai kearifan lokal Minahasa utara untuk menarik wisatawan manca negara yang memiliki Kimistri yang sama dengan kita.

“Komitmen kami, kami akan kerja keras kita akan tunjukan kabupaten Minahasa utara layak menjadi kabupaten kreatif,” pungkas Ganda.

Dari hasil uji petik yag dilaksanakan pada tanggal 21-23 april, yang dilakukan oleh Kemenparekraf Yuliana Rini dan Tim, ada 4 subsektor yang menjadi unggulan, Musik, Kuliner, Kriya dan Aplikasi Game.

(Deibby Malongkade)