Berita TerkiniMinahasa Utara

Pulau Napomanuk Desa Serawet Likupang Resmi Dicanangkan Jadi Pulau Wisata

MINUT, VIRALBERITA.NET — Pulau Napomanuk terletak di Desa Serawet kecamatan Likupang timur kabupaten Minahasa utara Provinsi Sulawesi utara dicanangkan oleh masyarakat desa Serawet menjadi pulau Wisata, sabtu 10 April 2021.

Pulau Napumanuk adalah pulau  yang dipenuhi terumbu karang yang indah  merupakan pulau yang masuk dalam daerah wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang destinasi wisata yang ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi pembangunan wisata Super prioritas.

Pencanangan dilakukan oleh pemerintah Desa , BPD dan Masyarakat yang dipimpin Hukum tua Desa Serawet Hery Tongkukut diawali dengan doa oleh wakil ketua DPD.

“Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, maka secara resmi kami canangkan Pulau Napomanuk menjadi Pulau Wisata, “ucap Tongkukut secara resmi bersama masyarakat sambil berpegangan tangan.

Tangkukut mengatakan, sekarang ini kita sedang digalang-galangkan pengembangan wisata desa. Oleh karena itu, kami pemerintah desa, bersama BPD dan masyarakat desa Serawet mengembangkan pariwisata Desa sesuai potensi wisata yang ada.

“Kami berupaya agar Desa Serawet punya Icon wisata. Sebelumnya sudah kami kembangkan hutan mangrov dengan jembatan mangrov yang panjangnya 1 kilo meter menembus hutan mangrov. Dan yang kedua, kami akan coba mengembangkan pulau Napomanuk. Kita akan coba membangun dengan fasilitas dana desa, walaupun kita masi terkonsentrasi dengan BLT dan kesehatan Covid, tapi kita akan sisihkan untuk membangun secara perlahan-lahan yang nantinya masuk dalam padat karya tunai desa, kita akan memperkerjakan masyarakat untuk membangun bersama-sama pulau wisata ini, “tuturnya.

Dari keterangan Tangkukut, setelah dicanangkan Pulau Napomanuk sebagai pulau wisata, akan dilaporkan ke Bupati Minahasa utara Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH MH melalui dinas pariwisata. Harapannya, pembangunan dan fasilitas Pulau Napomanuk sebagai Pulau wisata dapat perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat.

“Semoga Pencanangan ini mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Minahasa utara Bapak Bupati dan pemerintah Provinsi Sulawesi utara pak Gubernur Olly Dondokambey,  juga akan coba bermohon bantuan kepada kementerian pariwisata. Semoga pak Sadiaga Uno yang perhatiannya lagi terfokus pada 5 destinasi wisata di Indonesia termasuk didaerah ini yaitu Likupang, memberikan perhatian untuk Pulau Napomanuk,” harapnya.

Tujuan pembangunan dan pengembangan wisata ini untuk kemajuan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Serawet yang tergabung dari 3 perkampungan, yakni Serawet, Kuala Batu dan Rasaan.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button