Berita Terkini

KPU Sulut Mulai Distribusi Surat Suara, Perdana di Sitaro

MANADO, VIRALBERITA.NET — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai melakukan pendistribusian surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut. Kegiatan dilaksanakan di Kantor KPU Sulut, Minggu, 15 November 2020.

Turut hadir dalam penyaluran surat suara perdana ini, Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan jajaran, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, Sekretaris KPU Sulut Pujiastuti dan jajaran, Bawaslu Sulut, KPU dan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, Kesempatan distribusi perdana ini kita mulai dengan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Kita memang menyusun prioritas daerah yang kita dahulukan apalagi memasuki keadaan cuaca tidak menentu dibulan-bulan ini kondisi geografisnya di daerah kepulauan itu lebih sulit.

Sebab itu kita menargetkan sejak awal wilayah kepulauan itu didahulukan dan itu sudah kita lakukan, kita memang serius sungguh-sungguh mendistribusikan logistik pemilihan terutama logistik surat suara tepat waktu,” ucap Mewoh.

Lanjutnya, Gelombang pertama kita dahulukan kepulauan, gelombang kedua nanti untuk 12 kabupaten/kota yang ada di wilayah darat. Kita targetkan 21 November 2020 surat suara sudah ada di Manado dan seterusnya diteruskan ke kabupaten/kota.

“Kita targetkan 22 November 2020 surat suara itu sudah ada di kabupaten/kota. Sejauh ini masih dengan tahapan dan waktu yang kita susun,”katanya lagi.

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, untuk distribusi surat suara dari provinsi ke kabupaten/kota bagaimana ketentuannya kita dari aparat kepolisian menjamin sebagaimana proses pendistribusian itu aman.

“Untuk itu setiap kali proses pengiriman mulai dari percetakan sampai dengan kita mengirim ke kabupaten/kota dilakukan pengamanan dan pengawalan dari pihak kepolisian. Itu mekanisme yang sudah kita buat dan disepakati bersama,”ucap Simajuntak.

Diketahui, pengerjaannya dilakukan oleh PT. Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur, sebagai penyedia. Perusahaan jasa ini juga menjadi penyedia yang mencetak surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di Sulut.

Rincian jumlah kertas suara :

1. Kabupaten Kepulauan Talaud jumlah 71.266 lembar kertas suara
2. Kabupaten Kepulauan Sangihe jumlah   108.992 lembar kertas suara
3. Kabupaten Kepulauan Sitaro  jumlah   54.122 lembar kertas suara
(*/Deibby)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button