Dibuka KPU RI, Minut Jadi Pusat Launching Gerakan Nasional Rekam KTP Elektronik Serentak

0
Gubernur Sulut Agus Fatoni dan KPU RI Viryan Azis saat launcing rekam e-KTP dan langsung menyerahkan kepada pemilih pemula

KALAWAT, VIRALBERITA.NET — Dalam upaya menjamin hak konstitusi pemilih di provinsi Sulawesi utara (Sulut), Komisi pemilihan umum (KPU) Sulut Launching gerakan nasional Dukung rekam KTP Elektronik di 15 Kabupaten/Kota yang resmi dibuka oleh KPU RI divisi data dan informasi Viryan Azis dan Pjs Gubernur Sulawesi utara Agus Fatoni yang dipusatkan di kantor Camat Kalawat kabupaten Minahasa utara, jumat 13 November 2020.

Komisioner KPU RI Viryan Azis saat memberikan sambutan dalam acara gerakan nasional dukung rekam KTP elektronik

Kegiatan dihadiri Pjs Bupati Minahasa utara Clay Dondokambey SSTP MAP, KPU Sulut Ardiles Mewoh, Lanny Ountu, Salman Saelangi, Kapolres Minahasa utara Grace Rahakbau, SIK MSi, Kadiscapil Sulut dan Minut, KPU Minut Stella Runtu, Robby Manoppo, Dikson Lahope, Hendra Lumanauw serta Bawaslu Minut Simon Awuy dan Rocky Ambar.

Dalam sambutan Gubernur, Fatoni memberikan apresiasi kepada KPU yang bisa melaksanakan gerakan rekam e-KTP di provinsi Sulut untuk terus wujudkan pilkada yang sukses, aman, damai dan sehat.

” Pilkada merupakan tanggungjawab kita bersama. Oleh karena itu sukseskan Pilkada adalah tugas kita semua baik pemerintah, KPU, Bawaslu dan semua elemen masyarakat, ” ucapnya.

Lanjutnya, terima kasih kepada KPU yang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, yang belum terdaftar untuk merekam KTP elektronik agar menggunakan hak pilihnya di 09 Desember 2020.

“Mari kita gunakan hak pilih kita sebaik-baiknya, gunakan peluang ini untuk memilih pemimpin terbaik yang akan mensejahterahkan dan memajukan daerah, “tuturnya.

Komisioner KPU RI Viryan sangat mengapresiasi Sinergitas KPU Provinsi Sulut bersama Disdukcapil Sulut. Kata Viryan, Gerakan ini diinisiasi KPU melakukan kolaborasi dengan Disdukcapil dalam rangka mendukung dan melindungi hak warga negara. Diseluruh Indonesia masi ada masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Suasana ruang saat peninjauan pembuatan perekaman KTP elektronik

Dari keterangannya, di Indonesia jumlah DPT 100.359.152 tersebar 298.939 TPS , 46.747 Desa/Kelurahan, 4242 Kecamatan, 309 kabupaten kota. Dari 4.242 Kecamatan, saat ini kita berkumpul di kecamatan ini yang melaksanakan kegiatan gerakan untuk mendukung percepatan perekaman KTP elektronik untuk pilkada serentak 2020.

“Pada data minggu lalu, masi ada 1.754.751 orang yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Kita berikhtiar, melakukan gerakan masif, terstruktur dan kolaboratif mudah-mudahan bisa dalam posisi nol di tanggal 9 Desember 2020.

Viryan meminta masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk segera lakukan perekaman.Dirinya juga meminta KPU provinsi mengingatkan Paslon memperhatikan pendukungnya. ” Jangan nanti sudah pada waktunya hari pemilihan, pada jam 12 baru di beritahukan kepada kami ada yang tidak terdaftar. rasanya sulit,”tuturnya.

Pada kesempatan ini, dengan jelas Viryan memastikan Pilkada 2020 aman dari covid-19. ” Pilkada 2020 dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 secara ketat. Masyarakat tak perlu takut dan kuatir dalam melaksanakan hak pilih di TPS, “ujarnya.

Sementara, Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey atas nama masyarakat Minahasa utara menyampaikan penghargaan kasih dan apresiasi serta terima kasih kepada KPU RI Viryan Azis yang sudah mendukung agenda louncing yang dipusatkan di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa utara, Sungguh merupakan kebanggaan bagi kami. Ini memotifasi kami sampai waktu yang ditentukan melakukan apa yang diamanatkan dalam rangka mendukung terlaksananya pemilu 2020. “Kami mendukung perekaman e KTP ini akan terus dilaksanakan sehingga cita-cita dan tujuan kita dapat tercapai dengan baik, “tutupnya.

Dari Keterangan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, pada data pekan lalu sisa 40.703 yang belum melakukan perekaman e KTP. “Kami akan evaluasi lagi karena semakin berkurang, ditambah hari ini dilakukan secara serentak, mudah-mudahan apa yang kita harapkan dapat terwujud,” ucap Mewoh.

Ketua KPU Minut Stella Runtu menyampaikan kepada masyarakat yang belum menggunakan hak pilih agar menggunakan hak pilih. “Yang belum melakukan perekaman, segerah lakukan perekaman sesuai dengan program yang sudah diatur, “kata Runtu.

(Deibby Malongkade)