Minahasa

Tinangon : Insan Pers Berperan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pilkada 2020

TONDANO, VIRALBERITA.NET — Insan pers dapat berperan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan mensosialisasikan ke masyarakat bahwa Pilkada 09 desember aman dari Covid-19. Hal tersebut disampaikan Ketua Divisi Hukum KPU Sulut Meidy Tinangon SSos MSi dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Tondano yang digelar Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (MAPILU) PWI Minahasa, minggu 8 November 2020.

“Memang yang menjadi tantangan saat ini yaitu Pandemi COVID-19. Namun diharapkan pers dapat mensosialisasikan sekaligus meyakinkan masyarakat pemilih untuk tidak takut datang ke TPS dan menyalurkan hak pilih,” ungkap Tinangon.

Lanjutnya, KPU sendiri menjamin terlaksananya proses pemungutan suara di TPS yang aman dari COVID-19, karena sudah ada regulasi yang harus dilakukan baik masyarakat ataupun penyelenggara dalam hal ini KPPS.

“Agar masyarakat tidak ragu datang ke TPS, maka seluruh petugas yang terlibat harus melakukan rapid test. Jika ada indikasi reaktif, maka langkah selanjutnya yang bersangkutan harus jalani swab. Kalau hasilnya positif, maka wajib isolasi secara mandiri maupun dengan penanganan medis,” jelas Tinangon.

Ditegaskannya, bahwa baik masyarakat maupun penyelenggara Pemilu, sama-sama harus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri Kaban Kesbangpol Minahasa Ir Yanny Moniung mewakili Bupati Minahasa. Dalam sambutan  Moniung menyampaikan, sukses pelaksanaan Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara, namun juga masyarakat dan komunitas-komunitas seperti MAPILU PWI Minahasa.

Sementara,  Ketua MAPILU PWI Sulut Jimmy Senduk SKom menyampaikan bahwa ada harapan besar terhadap insan pers di Minahasa untuk menjadi penyeimbang informasi yang dikonsumsi publik.

Demikian juga harapan serupa diutarakan Ketua PWI Minahasa Christian Tangkere SE, bahwa sangat diharapkan insan pers dapat menjalankan tanggung jawab dalam koridor kode etik dan profesionalitas kerja.

“Intinya bahwa pers diharapkan jadi saluran informasi publik yang netral untuk menjamin independensi. Selain itu harus hindari pemberitaan yang tidak berimbang yang bisa saja berdampak positif maupun negatif terhadap pasangan calon tertentu,” harapnya.

Pada sambutan akhir kegiatan, ketua Mapilu Minahasa Levrando Gosal, S Teol mengatakan, Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi kita sebagai insan pers maupun masyarakat untuk berpartisipasi sukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

(*/Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button