Minahasa Utara

Program Pamsimas Senilai 317 Juta Sukses, Hukum tua Watutumou ll Lakukan Uji Coba

WATUTUMOU II, viralberita.net —Program Penyediaan Air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) senilai Rp.317.795.000 di desa Watutumou ll kecamatan Kalawat kabupaten Minahasa utara sukses terselesai.

Hukum tua Watutumou ll Defli Alvian Bawanda saat uji coba membuka kran air bersih pertama

Hukum tua desa Watutumou ll Defli Alvian Bawanda membuka kran air pertama kalinya “uji coba” penggunaan air bersih Pamsimas didampingi ketua KKM Eronsi Fredy Ronni Gandey, bendahara Deisy Tutoroong dan Satlak Efendy Lolowang di lokasi jaga VII desa Watutumou ll, jumat 31 Januari 2020.

Seperti Kado indah di tahun baru bagi masyarakat Watutumou ll kehadiran Pamsimas karena sebelumnya selalu mengalami kesulitan air bersih apalagi pada musim kemarau.

Ketua KKM Eronsi Fredy Ronni Gandey saat lakukan uji coba

Bawanda menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan karena program Pamsimas dengan menggunakan dana APBN 2019 dialokasikan dengan Dana desa boleh selesai dan telah diuji coba.

“Syukur kepada Tuhan program Pamsimas boleh selesai dan boleh diuji coba. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dimana wilayah jaga Vl dan jaga Vll ini sering mengalami kesulitan air bersih terutama pada musim kemarau,” ucap Bawanda.

Oleh karena keadaan dan situasi sudah seperti itu lanjut Bawanda, kami sepakati melalui musyawarah desa disepakatilah untuk program Pamsimas ini.

Bawanda menyampaikan sekarang ini sudah ada 20 titik yang disambungkan ke masyarakat dan akan terus berlanjut sampai memenuhi ke semua masyarakat.

Menurut Bawanda, Air bersih Pamsimas ini akan diolah oleh Badan usaha milik desa (Bumdes) dan akan ada iuran yang gunanya untuk pembayaran listrik, biaya pemeliharaan dan juga honor bagi penagih. Harga perkubiknya dibawah harga PAM.

“Saya menghimbau masyarakat, mari bersama kita jaga fasilitas yang ada ini, karena jika tidak ada tanggung jawab antara pemerintah dan masyarakat untuk perawatan program Pamsimas ini, tentunya akan sia-sia,” ungkapnya.

Sementara, Rommy Waimesse Co.Dc Panasimas, asisten kabupaten minut menyampaikan, untuk program Pamsimas tahun anggaran 2019 di desa Watutumou ll telah berhasil mencapai target dari Desember tahun 2019 sampai januari 2020 sudah sukses, dan untuk peningkatan kapasitas ke masyarakat selanjutnya kami serahkan ke desa.

“Dana APBN, dana In cash, dana in Kind telah terpenuhi 100 persen. Kami selaku fasilitator Pansimas kabupaten Minahasa utara mengucapkan trima kasih kepada pemerintah, pengurus, masyarakat atas kerjasamanya,”kata Waimesse.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button