Noudy Tendean Louncing Buku Terbaru Karakter kepemimpinan pemerintahan Indonesia

0

MANADO, VIRALBERITA.NET —Direktur IPDN Sulawesi utara Dr Noudy Tendean, SIP. M. Si meluncurkan buku terbarunya berjudul “Karakter kepemimpinan pemerintahan Indonesia” yang digelar pada minggu 10/11/2019. Sebelumnya dia telah menulis dua artikel “Ksatria, Petualang dan Badut politik” dan “Birokrasi Kita Masih Feodal”.

Penulisan buku “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia” ini mulai ditulis diawal Maret 2019, ditengah kesibukan n padatnya tugas sebagai direktur dan dosen IPDN.

Direktur IPDN Sulawesi utara Dr Noudy Tendean, SIP. M. Si

Menurut Tendean, Tolok ukur kenapa buku ini harus lahir adalah karena besarnya hasrat untukk menuangkan berbagai perspektif pemikiran, pendapat dan ide-ide terkait diskursus peristiwa dan fenomena kekuasaan politik pemerintahan dalam kerangka kepemimpinan.

“Prinsipnya, hasrat menulis buku ini didorong oleh kegelisahan dan pencermatan atas peristiwa dan fakta kepemimpinan dalam kekuasaan politik pemerintahan yang kemudian menjadi permasalahan atau isu strategis yang muncul dan menjadi fenomena dalam politik pemerintahan nasional maupun lokal,”ucap mantan Kepala Badan Diklat Provinsi Sulut lulusan S1 S2 n S3 di UGM Yogyakarta.

Lanjutnya, oleh karena itu buku ini mendiskusikan dan menyajikan soal bahwa kepemimpinan pemerintahan yg dibutuhkan bangsa ini adalah kepemimpinan yang kuat dan berkarakter bukanlah kepemimpinan yg otoritarian dan arogan, namun kepemimpinan yang tegas, berwibawa dan dihormati dicintai, karena memiliki karakter kebangsaan kemasyarakatan n berintegritas, dimana orientasi kepemimpinan dan kekuasaannya diarahkan pada terwujudnya kebaikan bersama dalam masyarakat bangsa dan negara.

Karena baginya, dengan kepemimpinan yang kuat dan berkarakter diharapkan akan mampu memanaje dan mentransformasikan berbagai potensi bangsa baik SDM, SDA maupun potensi lingkungan strategis sebagai kekuatan besar menghadapi sekaligus memenangkan persaingan global. Juga diharapkan akan mampu mensolusikan berbagai persoalan sosial, ekonomi, politik, ideologi n hankam yg hambatan serius bagi bangsa utk mensejahterakan rakyatnya.

Setelah melalui proses penulisan dan pengeditan sana sini selama kurang lebih 9 bulan buku “Karakter Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia” ini akhirnya terbit pada momentum hari ulang tahunnya pada 7 Nov 2019 lalu. Selanjutnya dengan berbagai persiapan buku ini dilakukan Soft Launching pada tanggal 10 November 2019 di Manado, sekaligus pada momentum perayaan ulang tahun pernikahannya dan isteri Sintia Manoppo dalam Kel. Tendean Manoppo.

“Oleh karena itu pula buku ini menjadi hadiah yang saya persembahkan khusus buat isteri tercinta Sintia Manoppo n kedua anakku Gabriella dan Christabel.
Dan rencana jika tidak ada halangan akhir tahun atau awal tahun 2020 rencana akan dilakukan Grand Launching dan Bedah Bukunya,” tuturnya.

Banyak jabatan yang dipercayakan pada kariernya sebagai abdi negara diantaranya, staf TUP Sekda Prov Sulut pada 2005, selanjutnya selang waktu 2006 sd 2017 sebagai Kasubag Pembinaan Otonomi Daerah, Kabag Hubungan Antar Lembaga, Kabag Otonomi Daerah dan Hubal, Karo Pemerintahan n Humas, Kepala BKD Prov, dan Kepala Badan Diklat Provinsi dan lain sebagainya sampai kedua kalinya saat ini dipercayakan sebagai direktur IPDN Sulut yang dilantik menteri dalam negeri Cahyo Kumolo pada 6/4/17.

(Deibby Malongkade)