Meriahkan HUT RI Ke-74, Dinas Pangan Lombakan Kreasi Cipta Menu Baru B2SA

MINUT, VIRALBERITA.NET — Lomba cipta menu turut mewarnai Hut kemerdekaan RI ke 74 tahun yang digelar oleh dinas ketahanan pangan kabupaten Minahasa utara (Minut) dengan memanfaatkan pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) di atrium kantor bupati Minut, sabtu 17 Agustus 2019.

Lomba ini merupakan Inovasi baru dari dinas ketahanan pangan dalam mendorong adanya kreasi baru dalam mengelola pangan lokal yang sehat untuk dikomsumsi seluruh keluarga dengan menu yang baru bebas dari beras dan jagung.

Juara 1 lomba cipta menu kecamatan Likupang barat

“Tim penilai dan Dinas Ketahanan Pangan memiliki standart penilaian sendiri, dimana  setiap menu-menu yang ditampilkan dalam lomba Cipta Menu, harus bebas dari bahan karbohidrat alias beras dan tepung,” Ucap kepala dinas ketahanan pangan Ir Johana Nontje Manua didampingi ketua TP PKK Minut Dyana Dondokambey-Kesanti.

Selain itu, menurut Manua, yang menjadi konsern dalam lomba cipta menu ini adalah bagaimana peserta mampu menghadirkan menu yang memiliki nilai kesehatan tinggi dan tidak mengandung banyak penyakit.

Lomba cipta menu yang digelar Rutin setiap tahun ini di ikuti 10 peserta dari 10 kecamatan di minahasa utara dengan menampilkan menu-menu baru yang kreatif dan bergizi dengan bahan dasar pangan lokal daerah.

Bupati Minahasa utara Vonnie Aneke Panambunan bersama Forkopimda kagum melihat karya kreatifitas dari ibu-ibu PKK mengolah makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman baik untuk kesehatan.

Dalam lomba tersebut, Likupang barat (Likbar) dinilai terbaik dan memenuhi kriteria dan nilai gizi yang sehat bisa ciptakan 8 menu baru sehingga ditetapkan oleh tim juri menjadi pemenang.

“Jadi peserta lomba asal Likbar ini, mereka mampu menampilkan delapan menu baru bahan dasar di satu meja dan ada varian-varian baru dalam masakan yang ditampilkan ini tentu saja masuk kriteria penilaian beradasarkan tim penilai tentunya,” ujar Manua.

Menurut Manua, Likbar akan mewakili kabupaten Minut di perlombaan yang sama pada tingkat Provinsi Sulut.

Sementara, camat Likbar Swengly Takainginan mengatakan, sangat bangga saat ini Likbar yang diwakili desa Bahoy mampu meraih juara 1, sebelumnya pada tahun lalu juara harapan 1.

“Semua bahan dasar pangan yang kami gunakan adalah berasal dari bahan lokal Likbar di desa bahoy. Kami kecamatan Likbar siap mewakili kabupaten Minahasa utara untuk mengikuti lomba ditingkat provinsi Sulawesi Utara,”ucap Takainginan.

(Deibby Malongkade)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *