Minahasa Utara

Dinas Kesehatan Minut Targetkan Tahun 2020 Semua Puskemas Terakreditas

Foto: James Harly Sompotan

MINUT, VIRALBERITANET — Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat, pemerintah kabupaten Minahasa utara melalui dinas kesehatan berupaya melaksanakan peraturan menteri nomor 41 tahun 2015 tentang akreditasi seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama terutama puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Minut dr James Harly Sompotan mengatakan, target 2020 semua peskesmas di Minahasa utara terakreditas.

Menurutnya, di Minut sendiri baru ada Empat Puskesmas yang sudah terakreditasi di tahun 2018 lalu, Puskesmas Kema dan Puskesmas Kolongan, Puskesmas Likupang dan Puskemas Tatelu. Untuk tahun 2019 ini Tiga Puskesmas pihaknya lakukan pendampingan agar akreditasi dan hasilnya sudah bisa dikeluarkan tahun 2019 ini.

“Setiap puskesmas akan melalui berbagai tahapan sampai proses terakreditasi, yaitu pendampingan, proses self assessment, perbaikan dan peningkatan, pengajuan akreditasi, surveyer sampai terakreditasi,” ucap Sompotan pada media viralberita.net dikantor dinas kesehatan Minut,  selasa 6/8/2019.

Ditahun 2019 Dinkes Minut memberikan pendampingan kepada Tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), untuk mendapatkan akreditasi.

“Tiga Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Talawaan, Puskesmas Mubune dan Puskesmas Wori. Dan Kita lakukan pendampingan untuk peningkatan pelayanan sesuai SOP, dan kelengkapan dokumen pendukung lainnya,” jelas kadis.

“Sementara jumlah Puskesmas di Minut totalnya ada 11 Puskemas, jadi kalau Tiga ini sudah diakreditas berarti sudah Tujuh puskemas. Tinggal Empat yang belum diakreditas, kita berharap di tahun 2020 nanti semua puskemas sudah terakreditas,” harapnya.

(Deibby Malongkade )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button