Minahasa Utara

Pemkab Minut Laksanakan Pelatihan Dan Sosialisasi Manajemen Pemerintahan Desa

Minut, viralberita.net – Pemerintah kabupaten Minahasa utara melalui dinas sosial melaksanakan pelatihan dan sosialisasi manajemen pemerintahan yang dikomando Kepala dinas Sosial Bobi Nayoan dipendopo kantor bupati Minahasa utara, rabu 20/2/2019.

Menjadi narasumber inspektur inspektorat Minut Umbase Mayuntu dan Kepala Bapelitbang Minut Arnolus Wolayan memaparkan materi tentang pemilihan hukum tua, pemilihan BPD dan pengelolahan keuangan desa.

Umbase Mayuntu dalam materi tentang sistem pengawasan pengelolahan keuangan desa mengingatkan kepada kepala desa dan DPD supaya pengelolaan keuangan desa harus dilakukan sesuai ketentuan aturan yang berlaku. dihindari penyimpangan, ada 2 pelanggaran, yaitu hukum dan administrasi.

“Saya tekankan pelanggaran administrasi karena itu rana APIP. Jika ada laporan masyarakat kami harus melaksanakan pemeriksaan khusus. Bila ditemukan pelanggaran administrasi maka harus segera di lakukan perbaikan termasuk program kegiatan pembangunan di desa jika ada kekurangan volume pekerjaan cepat-cepat diselesaikan sesuai rencana yang telah ditetapkan,” pungkas Mayuntu.

Lanjut Mayuntu, Pada bulan maret akhir akan dilakukan  pemeriksaan Apbd 100% diharapkan semua sudah memasukan laporan dan pertanggungjawaban itu harus lengkap.

“Kami berharap tidak ada temuan yang signifikan atau cukup berat oleh hukum tua. rata-rata semua dana desa dilaksanakan dengan baik, tutupnya.

Hukum tua Watutumou 2 Defli Alvian Bawanda yang hadir, mengapresiasi kegiatan ini karena memberikan nilai-nilai tambah, mendapat ilmu dan wawasan tentang pengelolaan keuangan desa.

” Mantap, kami mendapat ilmu dan wawasan yang baru, menjadi lebih mengerti tentang pengelolaan keuangan desa dan perencanaan” kata hukumtua yang baru saja menerima¬† penghargaan WTP dari bupati Minahasa utara atas pengelolaan keuangan desa yang baik.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten 1 Minut Drs Rivino Dondokambey, para humtua, BPD dan perangkat desa se-minahasa utara.

(Deibby Malongkade)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button