Minahasa Utara

Rapat Koordinasi KPU dan Panwas Bersama TNI, Polri Serta Kejaksaan Pelaksanaan Persiapan Dan Pengamanan Pemilu 2019

Minut, viralberita.net – Mengingat pemilihan umum tinggal 71 hari lagi, KPU Minahsa utara perkuat persiapan pelaksanaan pemilihan umum 17 April terkait pengamanan dan logistik melalui Rapat koordinasi pelaksanaan persiapan dan pengamanan pemilu 2019 kabupaten Minahasa Utara, rabu, 09/02/2019.

Rakor digelar bersama Bupati Minut diwakili Asisten 2 Drs Allan Mingkid, Kapolres manado Kombespol Benny Bawensel SH, MHKN, Pabung Minut Mayor inf Rich pusung, Kabagops Polres Minut Kompol A.Djafar mewakili Kapolres Minut, Danramil 1309-04/Wori Kapten inf J.D Weenas, Kasipidum Kejari Minut Deivy Anggreta, SH, Ketua Bawaslu minut Simon Awuy, Ketua KPU Minut Stella Runtu, Komisioner KPU kab.minut Robby Manoppo, Hendra Lumanau, Kadiv teknis penyelenggara Hj Darul halim, SH, Sekertaris KPU Minut
Charles Worotitjan SH.MH,Ketua Divisi Perencanaan, Program dan data KPU Minut Diskon Lahope.

Ketua KPU Minut Stella Runtu dalam sambutan pembuka mengatakan, Kami akan memaparkan data yang sudah kami kumpulkan terkait dengan titik-titik kerawanan yang sudah diinventarisir dan akan meminimalisir hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas pelaksanaan Pemilu di tahun 2019 khususnya di kabupaten Minahasa utara.

Kadiv teknis dan penyelenggaraan Hj Darul Halim meminta suport dan sinkronisasi antara pelaksanaan pemerintah daerah juga dengan penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa kesiapan baik fasilitas dan kemudian kenetralan yang paling pokok.

“Kecamatan dan desa dapat menentukan titik-titik lokasi yang nanti di deteksi oleh aparat keamanan baik TNI atau Polri dengan berkaca pada pemilu sebelumnya dan distribusi logistik harus tepat waktu,tepat sasaran dan jumlah,” papar Halim.

Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael, SH, SIK, melalui Kabagops Polres Minut Kompol A.Djafar menjelaskan tentang situasi Minahasa Utara untuk pemilihan atau pemungutan suara pada tanggal 17 April nanti itu ada mengenal 3 Sisi untuk pengamanan TPS yaitu tidak rawan, rawan, sangat rawan.

“Yang kami garis bawahi adalah bagaimana hajatan tanggal 17 April 2019 nanti, aman dan damai,” pungkas Djafar.

Menaggapi hal itu Kapolres Manado Kombespol Benny Bawensel SH, MHKN mengatakan, kerawanan pada saat kampanye, masa tenang, dan pemungutan suara keputusan penetapan sudah kami inventarisir yang potensi-potensi kerawanan sudah disampaikan kepada seluruh jajaran dan pola bertindaknya seperti apa.

” Saya minta jika ada perasoalan penyelesaian tentang pembebasan lahan di tunda dulu, supaya tdk mempengaruhi pemilu agar tetap kondusif. terutama permasalahan KPU dan Panwas kita selesaikan bersama, kalo ada potensi jgn biarkan kita meminalisir kerawanan saat pelaksanaan. Kalo kawal, kawal asalkan penyelenggarakan pemilu nyaman, Pungkas Bawensel.

Dilanjutkan tanggapan oleh Pabung Minut Mayor inf Rich pusung, ” Kami kawal yg penting kesiapan penyelengara KPU dan Panwas siap,kami menjaga netralitas. tugas pokok menjaga pemilu harga mati,”

Dandim Wori Kapten inf J.D Weenas meminta dalam teknis pelaksanaan, penyelenggra memperhatikan pemilih yang dipulau karena cuaca tidak menentu dan di Desa Kulu jalan rusak dan sulit untuk dijangkau, supaya bantuan logistik dari jauh-jauh hari sudah dibawah.

Komisioner Hendra Lumanauw menyampaikan surat 1096 untuk juknis poin 12 huruf F memberikan ruang kepada perseorangan yang lewat alat peraga kampanye memanfaatkan ruang-ruang metode kampanye yang termasuk di dalamnya seperti pertemuan terbatas dan rapat umum, ketika akan melakukan kegiatan harus atas nama partai politiknya bukan dasar pribadinya calegnya. Jadi mereka ke kepolisian mengajukan permohonan izin atas nama partai politik.

Ketua Divisi Perencanaan, Program dan data KPU Minut Diskon Lahope menyampaikan juga Sampai dengan penerapan data HP 20 dari hasil perbaikan 15 Desember tahun 2018 Kabupaten Minahasa Utara jumlah pemilih Ada 162.495 laki-laki 82.003 orang dan perempuan 80 492 pemilih yang tersebar di 131 desa kelurahan dengan perhitungan waktu kemarin itu ada di 667 TPS tahapan yang sedang dilakukan saat ini. Penyusunan daftar pemilih khusus dan daftar pemilih tambahan daftar pemilih tambahan ini adalah orang-orang yang tidak memilih tidak domisili atau karena pindah pekerjaan sementara sesuai dengan jadwal akan diberi kesempatan sampai pada tanggal 15 Februari 2019. Jadi sementara dilakukan pendataan oleh teman-teman TPS didukung oleh BPK demikian juga untuk daftar pemilih khusus yang orang-orang yang belum terdaftar sama sekali.

Bupati Minahasa utara melalui Asisten 2 Alan Mingkid mengatakan kami memberikan penguatan kepada KPU yang penting kita berjalan sesuai norma itu tidak perlu ragu karena apa yang kita alami yang lalu itu bisa kita lalui sepanjang normatif bahkan Mingkid minta antisipasi yang ada dipulau-pulau.

Kejari Minut juga melalalu Kasipidum Kejari Minut Deivy Anggreta,SH mengatakan siap berkoordinasi dan bersinergi suksesnya pemilu, mengawal pemilih, mengawal adanya sengketa pemilih. mulai dari gugatan dan perselisihan hasil pemilu, bidang perdata akan mengawal proses.kami akan berkoordinasi terus dengan penyelenggara.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button