Membantu Mengatasi Siswa Bolos Sekolah, Polres Minut Gelar Patroli di Sekolah-sekolah

0

Minut, identitasnews.id – Kepolisian Resort Minahasa Utara turun tangan bantu lakukan pengawasan kepada siswa-siswa yang bolos sekolah.langkah ini diambil karena pihak sekolah sudah kewalahan menghadapi anak-anak didik mereka.

Kepala sekolah SMK Negeri 1 Airmadidi
Weddy Onibala, Spd, MM mengakui kewalahan menghadapi anak-anak bolos, untuk itu mereka bersinergi dengan pihak kepolisian resort untuk menekan siswa bolos.

“Kami bersinergi dengan pihak kepolisian karena kewalahan menghadapi anak-anak. Ketika ditemukan di luar sekolah kami harus saling kejar-kejaran. Melihat guru-guru mereka langsung lari, semakin hari semakin tidak terkendali. Diluar sekolah mereka mabuk-mabukan, merokok, judi bahkan tawuran.kami bangga pihak kepolisian punya kepedulian yang tinggi terhadap anak-anak. Harapan dengan bantuan pihak kepolisian anak-anak akan semakin tertib, kegiatan belajar anak-anak semakin meningkat sebab mereka adalah generasi penerus bangsa.” pungkas Onibala.

Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael, SIK MH, menyampaikan ini adalah program Polres untuk menyentuh anak-anak sekolah karena disinyalir anak-anak sekolah sekarang khusus sekolah menengah atas banyak yang bolos sekolah. Bahkan setiap siang patroli mengecek disekolah-sekolah, dan banyak anak-anak yang tidak sampai di sekolah.(Senin,26/11/2018).

“Kami bersinergi dengan bimas dipenda yang membawahi penanganan anak,yaitu bimas pemberdayaan perempuan dan anak, jadi kita insentif melakukan pembinaan terhadap mereka melalui satuan bimas,” papar Patiwael.

Lanjutnya, sejauh ini kami sudah dapat menangkap beberapa anak-anak yang bolos, memberikan bimbingan ada yang dipanggil orang tuanya.

Selain itu, dia katakan bahwa tanggung jawab ini sebetulnya adalah tanggung jawab dari dunia pendidikan, bagaimana supaya anak-anak itu boleh taat dalam aturan, namun dalam hal ini kami punya keterpanggilan, karena polisi salah satu program nya adalah pelopor tertib sosial diluar publik, sehingga kita merasa terpanggil untuk melihat anak-anak kita yang tidak disiplin seperti itu.

Aksi patroli kepolisian resort Minahasa Utara ini sudah berjalan selama sebulan disekolah-sekolah SMK/SMA di Minahasa Utara. (eby)