Pemkab Minut Laksanakan Hari Sumpah Pemuda Bersama KNPI Minut

0

Minut, identitasnews.id – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-90, pemerintah kabupaten Minahasa utara melaksanakan upacara bendera bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) minahasa utara dengan inspektur upacara Bupati Minahasa utara Vonnie Aneke Panambunan (VAP) dan pemimpin upacara ketua KNPI terpilih Minut Franky Karamoy.

Hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema¬†“BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.” ucap VAP mengutip pidato Kemenpora Sumpah pemuda 2018.

Lanjutnya, Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk.I dan DPRD Tk.II. Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Kadispora Drs Maximelian Tapada, MSc dalam wawancara dengan awak media menyampaikan untuk kabupaten Minahasa utara pelaksanaan hari sumpah pemuda merupakan motivasi bagi pemuda-pemudi diminut untuk membangun pemuda indonesia yang berkarakter baik dan memiliki jiwa entrepreneur atau kewirausahawan. Itu adalah modal dasar yang dapat membangun bangsa, khususnya Minahasa utara. Juga boleh terhindar dari berbagai ancaman yang bisa merusak tatanan kehidupan pemuda.

“Kita harus berpikir maju kedepan, konsisten dan melaksanakan hal-hal yang baik, sehingga bisa mendorong jiwa kepemudaan yang bisa memberikan kontribusi bagi negara. Ajakan dan motivasi kita semua akan merobah pemuda-pemudi minahasa utara menjadi bermoral, dan beretika yang baik yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Peran Pemuda yang harus menjadi pelopor pencetus ide dalam persatuan dan kesatuan.”tutur Tapada.

Ketua terpilih KNPI Frangky Karamoy mengharapkan Pemuda minahasa utara untuk bersatu dalam membangun minahasa utara.

” Kita sama-sama bangun minahasa utara apapun profesi kita. Terlebih khusus dalam Pilkada nanti, mari kita mengawal ini, sampai suksesnya acara nanti pada tahun 2019.” papar Karamoy.

Turut Hadir dalam Upacara ketua KNPI Minut Franky Karamoy beserta jajaran pejabat eselon ll, lll, lV dan ASN Minahasa utara. (eby)