Advetorial

BPK Menganugerahkan Minahasa Tenggara Opini WTP Kelima Secara Beruntun

Dipersembahkan untuk rakyat, ‘Tangan Dingin’ JS Mempercepat Kabupaten Mitra Terdepan di Sulut

MITRA, viralberita.net — Minahasa Tenggara (Mitra), kembali dianugerahi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan mempercepat daerah tersebut terdepan di Sulawesi Utara.

Hasil ini, mengukuhkan Mitra meraih opini tertinggi dari BPK lima kali secara beruntun, dan nyaris tanpa ada catatan.

Capaian ini harus diakui tak terlepas dari ‘tangan dingin’ Bupati James Sumendap, yang sejak awal dirinya memimpin, menargetkan Minahasa Tenggara dapat keluar dari bayang-bayang opini disclaimer, sampai ke TW.
Capaian fenomenal yang dipersembahkan Bupati James Sumendap untuk seluruh rakyat Minahasa Tenggara, tanpa terkecuali.

WTP kelima LKPD 2019 di terima 2020

Perlu diingat, sebelum Bupati James Sumendap memimpin, atau sejak Minahasa Tenggara dimekarkan pada tahun 2007, daerah ini seakan ‘nyaman’ dengan opini disclaimer. Bahkan sempat dikatakan sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) yang nyaris gagal setelah dimekarkan. Namun angin perubahan pun datang di tanah Tonsawang, Pasan, dan Ponosakan ini.

Suasan di alam terbuka

Memimpin Minahasa Tenggara sejak akhir 2013, salah satu perubahan paling ‘radikal’ yang diambil Bupati yakni perubahan sistem pengelolaan keuangan, dari sebelumnya amburadul, mulai diarahkan ke taat aturan, dan sesuai Standard Akuntansi Pemerintah (SAP).

Bupati James Sumenda terima oponi pertama. Opini tidak wajar untuk LKPD 2013.Hasilnya, LKPD tahun anggaran 2013, Minahasa Tenggara mendapatkan opini Tidak Wajar (TW), hasil terbaik sejak 2007.

Berlanjut LKPD 2014, Minahasa Tenggara naik satu peringkat dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Opin WDP untuk LKPD 2014 di terima 2015

Upaya pembenahan yang terus dilakukan di segala sendi penyelenggara pemerintah di Minahasa Tenggara, akhirnya daerah ini mampu mencatat sejarah mendapatkan opini WTP untuk LKPD tahun anggaran 2015.

Opini WTP pertama LKPD 2015 di terima 2016.

Kerja tim yang digalakkan Bupati James Sumendap, terus memotivasi para jajarannya untuk terus berbuat lebih baik, dan Minahasa Tenggara terus meraih opini terbaik dari BPK sejak 2016, 2017, dan 2018. Sampai pada LKPD tahun anggaran 2019, Minahasa Tenggara mencatatkan rekor opini WTP kelima secara berturut-turut.

WTP kedua LKPD 2016 di terima 2017

Hasil yang mensejajarkan bahkan menjadikan Minahasa Tenggara terdepan di antara kabupaten/kota di Sulawesi Utara.

Terima penghargaan WTP ketiga LKPD 2017 di terima 2018

Hasil ini pun, menjadi harapan bersama bagi seluruh rakyat untuk terus mendukung dan menyukseskan setiap program pemerintah daerah, dalam upaya memajukan Kabupaten Minahasa Tenggara.

WTP keempat LKPD 2018 diterima 2019

WTP 5 Kali Berturut-Turut, Bigini Tanggapan Oramas, LSM dan Tokoh Masyarakat Mitra, Ketua DPRD Serta Gubernur

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE

“Di masa pandemic covid-19 ini, sebagai Pemerintah sangat berterima kasih sudah berjalan dengan baik. Apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran, karena LKPD tahun anggaran 2019 Provinsi Sulut sudah selesai secara bersama. Bagi seorang pemimpin, dirinya (Bupati James Sumendap-red) pantas berbangga atas prestasinya”

Tokoh Masyarakat MitraDrs Jeremia Damongilala MSi

“Hal yang sangat menarik bagi saya ialah ketika prestasi 5 kali WTP dari BPK bersanding dengan capaian MCP (Monitoring Center of Prevention) 91 persen, tertinggi di Sulawesi Utara. Dua prestasi inilah yang menjadikan James Sumendap sangat istimewa dibanding kepala daerah yang lain”

Ketua Minahasa Tenggara Corruption Watch (MTCW) Djefry Oding Rantung

“Argumen yang kami berikan cukup berdasar, mengingat prestasi yang ditorehkan sosok James Sumendap sangat langka, bahkan menurut pengakuan dari beberapa lembaga (LSM) anti korupsi skala Nasional, hingga saat ini belum mereka temukan di pemerintahan daerah manapun di Indonesia”

Sekretaris LAKRI Mitra Veppy Rambi

“Apresiasi terhadap Pemkab Mitra dalam pencapaian prestasi yang sangat membanggakan, jadi penilaian tersendiri baik dari pemerintah pusat termasuk didalamnya KPK. Mencegah praktek korupsi di era ini bukan sebuah hal yang gampang”

Ketua DPC Syarikat Islam Minahasa Tenggara Artly Kountur

“Tidak dipungkiri, dan harus diakui Minahasa Tenggara lima kali mendapatkan WTP secara berturut-turut bukan urusan yang mudah. Bupati James Sumendap mampu membawa Minahasa Tenggara ke era emas yang diimpikan setiap rakyat”

Ketua DPRD Mitra Marty Ole

“Keberhasilan Pemkab Mitra meraih WTP yang ke lima merupakan suatu prestasi yang patut disyukuri dan diapresiasi. Berkat senergi yang baik semua pihak sesuai tupoksi maka hasil yang dicapai sangat memuaskan”

(ADVETORIAL) 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button