Minahasa

Gubernur Sulut Beri Respon Positif Atas Tindakan ROR-RD Menangani Lahan Pemakaman Korban Covid-19

MINAHASA– Dengan adanya musibah alami yang di kenal masyarakat yaitu Virus Corona(Covid-19) maka Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Dr. Robby Dondokambey, SSi (ROR-RD) mengambil langkah yang baik sehingga di respon positif oleh Gubernur Olly Dondokambey.

Dalam rangka menyiapkan lahan pemakaman Jenasah Covid-19 di Kabupaten Minahasa diapresiasi dan direspon positif oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE, dimana salah satu lokasi lahan Pemerintah Provinsi yang berada di Kalasey diusulkan untuk menjadi lahan pemakaman Covid-19.

Pada Jumat, 1 Mei 2020 Gubernur bersama Sekprov telah mengundang Bupati Minahasa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa dan Camat Mandolang untuk membahas lahan pemakaman dimaksud.

Selesai pertemuan Gubernur OD langsung menugaskan Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Utara Drs. Edison Humiang, MSi bersama Kadis Permukiman Sulawesi Utara didampingi Kepala Desa Kalasey 2 dan perangkat telah melakukan peninjauan lapangan dilahan Pemprov yang akan dihibahkan ke Pemda Minahasa untuk dijadikan lokasi pemakaman Covid-19.

Dengan pengharapan dalam doa bersama semoga tidak ada lagi yang meninggal akibat Covid-19 di Minahasa, untuk status lahan pemakaman masih sementara dikoordinasikan lagi karena lahan tersebut adalah hibah.

Selain itu lahan pemakaman dimaksud akan dijadikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk wilayah Tateli Raya, Kalasey Raya dan Sea Raya bahkan penduduk Daerah sekitar yang sulit memperoleh lahan Pemakaman, namun tentu dengan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten demikian kata ROR.

” Lahan Pemakaman dimaksud akan diupayakan untuk tetap mempertimbangkan jarak dengan pemukiman warga Kalasey yang ada saat ini dan rencana pengembangan pemukiman kedepan,” ungkap ROR.

Disamping itu, lokasi Tempat Pemakaman tersebut akan ditata sedemikian rupa agar tetap kelihatan rapi, Indah dan mengikuti tata Pemakaman modern, dimana dalam lokasi pemakaman tersebut akan dibuatkan jalan minimal 9 meter dilengkapi dengan akses jalan di masing-masing blok.

“Harapan saya agar masyarakat Minahasa tetap mematuhi himbauan Pemerintah untuk tetap jaga jarak (Social Distancing maupun Physical Distancing), tetap membiasakan cuci tangan, jaga kesehatan, serta tidak bepergian untuk urusan-urusan yang tidak penting dan mendesak dan tidak mengunjungi wilayah-wilayah Zona Merah Penyebaran Covid-19”

ROR-RD berharap agar semua masyarakat Minahasa senantiasa berdoa dan bahkan ada yang terpanggil berpuasa untuk tetap memohon kepada Tuhan agar situasi ini cepat berlalu dan kiranya Tuhan dapat melindungi Minahasa dan Sulawesi Utara dari Penyebaran Covid-19.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Minahasa menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw yang telah memberikan dukungan melalui hibah atau tidak berupa hibah lahan Pemprov untuk lokasi Pemakaman di wilayah Kalasey.

(Vincent)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button