Minahasa Utara

Badan Adhoc Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se-Minut Dinonaktifkan

FOTO : Komisioner Bawaslu Minahasa Utara Rahman Ismail

MINUT, Viralberita.net — Dalam rangka memfokuskan penanganan penyebaran Covid 19, Badan edhoc di 10 kecamatan yang telah dilantik serta Panwaslu kelurahan/desa dinonaktifkan
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) disebabkan sejumlah tahapan Pilkada 2020 serentak yang ditunda.

Penonaktifan badan adhoc itu berdasarkan surat edaran Bawaslu RI. Dengan surat edaran Bawaslu RI Nomor 0252/K.Bawaslu/PM.00.00/3/2020 tertanggal 24 Maret, tentang pemberhentian sementara Panwaslu kecamatan serta Panwaslu kelurahan/desa.

Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Rahman Ismail menuturkan, dinonaktifkan sementara badan adhoc sesuai surat edaran. Karena penundaan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Penonaktifan badan adhoc mulai berlaku pertanggal 1 April 2020,” kata mantan wartawan ini, Senin (30/03).

Lanjut dikatakan Ismail, dalam surat edaran itu, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota diminta untuk memastikan penundaan aktivitas tahapan pemilihan yang dilaksanakan oleh badan adhoc KPU, dalam hal ini PPK dan PPS.

“Sementara untuk Bawaslu Kabupaten, diminta untuk melakukan pemetaan terhadap situasi terkini terhadap perkembangan wabah Covid-19 yang berdampak terhadap tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 ini,” tukas Ismail.

Selain itu, kata Ismail, untuk pembayaran honorarium badan adhoc ini, Sekretariat Panwaslucam dan Panwaslu serta Panwasludes diberikan atas output kerja bulan Maret dan tidak memberikan honorarium kepada Panwaslu Kelurahan/Desa yang sudah dilantik.

“Dalam masa penundaan ini, semua badan adhoc tidak diberikan honorarium. Karena belum ada aktivitas ditingakat badan adhoc, terkecuali uang oprasional yang akan diberikan,” tuturnya. 

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button