Minahasa Utara

Awasi Jumlah Dukungan, Ambar : Ada Temuan Nama dan KTP Berbeda

AIRMADIDI, viralberita.net — Bawaslu Kabupaten Minahasa utara mengawasi langsung perhitungan syarat minimal dokumen dukungan perseorangan dan persebaran bakal calon Bupati Minahasa utara dan Wakil Bupati Minahasa utara dari Drs Sompie Singal dan Sicillia Legiman di kantor KPU Minut, 24 Februari 2020.

Komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar dan Rahman Ismail saat mengawasi Jumlah dukungan

Perhitungan dan pengecekan dokumen diawasi langsung oleh ketua Bawaslu Minut Simon Awuy, Rocky Ambar, Rahman Ismail dan jajaran.

Komisioner Bawaslu divisi hukum dan penyelesaian sengketa Rocky Ambar, SH menyampaikan, pengawasan yang dilakukan Bawaslu saat ini terkait jumlah dukungan apakah sesuai atau tidak.

“Saat ini Terkait jumlah dukungan. Kami melakukan pengecekan KTP atau data Fomulir B1 bersama tanda tangannya, Yaitu Nama dan tanda tangan,” ucap Ambar kepada media viralberita.net.

Lanjutnya, kerawanan atau temuan yang kami dapati adalah nama dan Dokumen berbeda.

“Sampai saat ini yang jadi temuan adalah nama dan KTP nya berbeda atau salah tempel. Ada juga, Nama ada, tapi tidak punya KTP. Itu dinyatakan Tidak Memenuhi Sayarat (TMS).Untuk tanda tangan palsu tidak diuji saat ini,”ucap Ambar.

Menurut Ambar, Bawaslu hanya  mengawasi apakah tahapannya sesuai dengan keputusan atau tidak. Jika tidak sesuai maka jadi temuan. “Untuk penindakan nanti dalam ruang yang berbeda,”katanya.

Menurutnya, untuk perbaikan tergantung KPU apakah ada ruang untuk itu, tergantung keputusan atau juknis dari KPU.”Itu rananya KPU,”pungkasnya.

Dari keterangan, Bawaslu akan diberikan daftar list dan kami akan turun langsung verifikasi faktual bersama PPK.

Sampai berita ini dinaikan, perhitungan dan pemeriksaan dokumen belum selesai.

(Deibby Malongkade)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button