Minahasa Utara

Menarik, Parade Pangan Minahasa Utara Menyapa Dunia

AIRMADIDI, viralberita.net — Minahasa utara menyapa dunia lewat Parade pangan yang digelar pemerintah kabupaten Minahasa utara dalam rangka memperingati HUT ke 4 tahun kepemimpinan Bupati Minahasa utara DR Vonnie Anneke Panambunan, S.Th bersama wakil bupati Ir Joppy Lengkong (VAP-JO).

Parade pangan yang sangat menarik ini digelar di lapangan depan RS Walanda Maramis, jumat 21 Februari 2020, yang diikuti oleh 11 Mobil yang berhiaskan hasil tanaman pangan asal Minahasa utara berupa sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, rempah bahkan kue traditional khas Minahasa utara di pajang dan dihiasi melingkar di mobil yang dihias beraneka ragam.

Bupati Minahasa utara dalam sambutannya mengucap syukur atas anugerah Tuhan selama 4 tahun Minahasa utara diberkati Tuhan. Tersedianya pangan yang bertumbu subur, yang boleh memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Trima kasih kepada Tuhan karena pada tanggal 17 Februari 2020, saya dan wakil bupati Minahasa utara telah 4 tahun memimpin Minahasa utara. Trima kasih untuk semua masyarakat yang telah memdukung kami, trima kasi untuk Sekda, Kapolres, dandim, dinas-dinas dan semua jajaran yang telah turut membantu kami membangun Minahasa utara,”ucap VAP.

Bupati juga mengingatkan agar masyarakat jangan malas, tapi terus berusaha dan bekerja.

Sementara Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Utara Ir. Johana Norce Manua mengatakan tujuan digelarnya parade yaitu, untuk mensosialisasikan pangan lokal sebagai sumber gizi keluarga, memperkenalkan potensi pangan lokal kepada masyarakat, juga mengangkat citra pangan lokal sebagai makanan yang dapat dikomsumsi semua orang, dan untuk mengembalikan kearifan pangan lokal masyarakat dalam konsumsi budaya pangan lokal.

“Salah satu harapan kami  adalah untuk menonjolkan pangan lokal Minahasa utara dalam menunjang KEK Wisata Likupang,” ucap Manua.

Manua juga berharap agar masyarakat juga harus ada rasa cinta akan pangan lokal daerah dan itu harus tersedia dalam setiap rumah tangga.

“Kami ingin masyarakat Minahasa utara punya kecintaan kepada pangan lokal minahasa utara sehingga pangan lokal selalu tersedia ditingkat rumah tangga,” tuturnya.

Menurutnya, jika di tiap rumah tangga tersedia pangan lokal, maka kita dapat menekan inflansi daerah.

Peserta parade pangan ini dari para pelaku-pelaku pangan dan pengola-pengola kue dari Minahasa utara.

Turut hadir dalam parade pangan ini, Sekertaris daerah Ir Jemmy Kuhu, MA, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau, SIK.M.Si, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, para kepala SKPD Minut dan jajaran serta masyarakat.

(Deibby Malongkade)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button