Minahasa Utara

Hasilkan Pemilu Berkualitas, Bawaslu Minut Gandeng Toga, Tomas dan Tokoh Pemuda

WATUTUMOU II, viralberita.net — Demi menghasilkan pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan bermartabat, Bawaslu Minahasa utara libatkan tokoh agama (Toga), tokoh masyarakat (Tomas) dan tokoh pemuda kabupaten Minahasa utara untuk mengawasi pemilihan umum tahun 2020.

“Kami selalu berkeinginan menjadikan pemilihan ini menjadi pemilihan yang berkualitas dan bermartabat, untuk itu sesuai dengan undang-undang wajib kami melibatkan seluruh masyarakat minahasa utara, sebagaimana tag line kami Bersama rakyat awasi Pemilu,” ucap Simon Awuy saat membuka rapat koorfinasi pengawasan partisipatif berdama tokoh agama,tokoh masyarakat dan tokoh pemuda pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati di kabupaten Minahasa utara selama 3 hari 20-22 Februari 2020.

Awuy menyampaikan, dalam Sosialisasi ini akan disampaikan tentang Bawaslu, tugas dan wewenang Bawaslu, dalam hal melakukan pengawasan dan bagaimana strategi-strategi pengawasan, bagaimana melakukan penindakan dan bagaimana menyelesaikan proses sengketa.

“Bawaslu adalah penyelenggara pemilu yang punya 3 fungsi yaitu fungsi pencegahan dan pengawasan, fungsi penindakan pelanggaran dan fungsi memutus atau menyelesaikan sengketa. Kami berharap bapa ibu boleh memahami dan mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tuturnya.

Sementara, komisioner Bawaslu divisi pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Rahman Ismail menyampaikan, sesuai dengan amanat, kami Bawaslu Minahasa utara tidak dapat berdiri sendiri, kami butuh topangan dan dukungan stakeholder. Kami butuh baling-baling untuk menyampaikan kemasyarakat apa tugas dan tanggung jawab kami dan bagaimana pilkada di Minahasa utara aman dan demokrasi bisa terwujud.

“Kami berharap, masyarakat bisa benar-benar memahami proses demokrasi, sehingga pada pelaksanaan Pemilu tanpa ada intimidasi, tanpa ada diskriminasi.” kuncinya.

Para peserta yang hadir, tokoh agama, tokoh pemuda se-Kabupaten Minahasa Utara.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button