Minahasa Utara

Bangun Kolaborasi Bersama Media, Pengadilan Airmadidi Gelar Media Gathering

AIRMADIDI, viralberita.net — Pengadilan negeri Airmadidi dalam meningkatkan kinerja dan kepercayaan publik kepada pengadilan serta keterbukaan informasi menggandeng media sebagai bentuk kerjasama dan kolaborasi dalam memberitakan berita yang berimbang dan positif dengan menggelar media Gathering di kantor pengadilan negeri Airmadidi, senin 20/01/2020 yang dimediator Hakim Adyaksa David Padikta, SH.MH.

Ketua Pengadilan Airmadidi Mohamad Soleh, SH.MH menyampaikan, media wajib menjaga keseimbangan berita dengan cara mempublikasikan berita yang memiliki kandungan positif dengan tujuan publik mendapatkan berita yang berimbang sehingga tidak terlalu fokus pada pemberitaan negatif yang akan merugikan kepentingan lembaga.

Pengadilan memiliki banyak putusan yang mengandung kaidah konstruktif dan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat pencari keadilan, semua itu bisa menjadi bahan berita yang positif jika mampu terekspos dengan baik ke publik.

“Bukan hanya ada OTT, Demo atau kebakaran kantor baru di beritakan, tetapi persidangan yang dilakukan setiap hari, sidang teroris, puluhan orang mencari keadilan tidak ada yang beritakan,” ucap Soleh.

Tak lepas dari zona integritas, ketua PN mengimbau para wartawan mengedepankan integritas. Sebab integritas adalah modal utama.

Dalam acara ini hadir narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) M Dudi Surjono Laodeh, SE menyampaikan, media harus menggunakan teori 4 cek, cek, ricek, kroscek, finalcek agar menghasilkan berita yang berimbang.

Laodeh mengatakan, Malu jika profesi kita harus dibeli. Dalam konteks zona integritas, sebagai pers ada tanggung jawab moril yang harus menyandingkan dengan iman sesuai agama kita agar hasil proses dari pemberitaan pasti projektif apalagi profesi kita adalah pilar ke- 4 pilar bangsa ini.

“Jangan kita menjadi polisi atau jaksa, tugas kita mencari data, mengola data dan menginformasikan data desuai dengan fakta dilapangan,” kata Laodeh.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua pengadilan menyampaikan, tentang teknis liputan yang baik dipersidangan.

“Keadilan harus kita perjuangkan bersama-sama, kita kawal, lakukan dengan baik,” tutur ketua PN.

Kerjasama PN Airmadidi bersama media agar Keterbukaan informasi peradilan lebih baik dengar dari kita dari pada dari orang lain.

(Deibby Malongkade)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button