Manado

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Mokalu Imbau Warga Waspadai Pohon Tumbang

MANADO– Hujan lebat yang disertai angin kencang yang melanda Sulawesi Utara dan sekitarnya, Senin (2/12/2019) malam tadi, menyebabkan pohon tumbang dibeberapa lokasi di Kota Manado. Kejadian ini perlu diantisipasi oleh warga Manado.

Hal ini dikatakan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Tresje Mokalu, saat diminta tanggapannya oleh media ini terkait peristiwa semalam.

“Saya mengimbau warga untuk lebih berhati hati dan waspada akan perubahan musim ini. Disamping ancaman banjir dan tanah longsor, ancaman pohon tumbang pun perlu diwaspadai,” kat Mokalu, saat dihubungi lewat ponsel, Selasa (3/12/2019) untuk mengkorfimasi tentang adanya pohon tumbang di Jalan A.Yani dan Jalan Boulevard,malam tadi.

Menurut Mokalu, peristiwa alam seperti ini tak seorang pun yang berharap akan terjadi, namun karena telah terjadi, maka hal ini haruslah disikapi.

“Warga harus jeli dengan keadaan lingkungan disekitarnya. Jika melihat atau menemukan adanya kemungkinan pohon besar yang sekiranya bisa mengancam keselamatan, segera laporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado. Sesegera mungkin akan kami tindaklanjuti laporan tersebut,” ucap mantan Camat Malalayang ini.

Lanjut dikatakannya, DLH juga telah mendata dan memberi tanda di sejumlah pohon besar yang diperkirakan bakal menjadi ancaman bagi keselamatan warga.

“Pada prinsipnya, DLH tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan memelihara dan menjaga pertumbuhan tanaman/pohon. Akan tetapi jika sudah mengancam keselamatan warga, akan kami tebang ataupun dirapihkan,” imbuhnya.

Dirinyajuga berpesan kepada warga yang sekiranya akan melakukan penebangan pohon sendiri, setidaknya melapor ke Dinas Lingkungan Hidup atau ke pihak yang berwenang lainnya.

(Redaksi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button