Tim Pembina KKS Pusat Kunjungi Minahasa utara, Desa Watutumou 2 Dapat Apresiasi

Spread the love

MINUT, VIRALBERITA.NET — Tim Pembinaan kabupaten kota sehat nasional (KKS) kementrian dalam negeri dan kementrian kesehatan mengunjungi kabupaten minahasa utara, kamis 9 oktober 2019 dalam rangka penilaian kabupaten sehat.

Tim pembinaan KKS disambut Asisten 2 Allan mingkid, Kepala Bapelitbang, Arnolus Wolajan, Kadis Kesehatan Dr. Harly Sompotan dan jajaran yang turut serta mendampingi dalam kunjungan kedesa-desa.

Tim pembina KKS Aris Munandar saat memberi penghargaan bagi bayi lulus ASI Ekslusif Desa Watutumou 2

Tim KKS Aris Munandar kepada awak mesia Viralberita.net mengampaikan, kunjungan ini rutin dilakukan setiap tahun ganjil kepada kabupaten/kota yang mengusulkan desa sehat.

“Penilaian ini bukan merupakan suatu lomba dan juara, tetapi mencari suatu integritas kepada pemerintahan untuk menjadi komitmen bersama sehingga dapat melihat masyarakatnya sejahtera dan makmur. Ada sinergitas atau elaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha,”ucap Aris.

Tim pembina KKS bersama hukumtua desa Watutumou 2 dan Sekcam Kalawat Iwan Senduk

Tim pembina KKS memberikan apresiasi yang tinggi untuk bank sampah Simponi di desa Watutumou 2 yang cukup baik dimana melibatkan masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Saya melihat ada siklus perekonomian yang sangat baik, bagaimana mendidik masyarakat memanfaatkan sumber daya yang ada. Sehingga ini menambah income pendapatan masyarakat. Disatu sisi ada suatu proses pembelajaran baik dari penganggaran, pemanfaatan dan pengawasan itu sendiri,” tutur Aris saat mengunjungi desa Watutumou 2 kecamatan Kalawat di puskesdes desa Watutumou 2.

Sementara, Hukum tua desa Watutumou 2 Defli Alvian Bawanda mengatakan, sejak adanya bank sampah Simponi, manfaat masyarakat sangat besar.

” Bukan karena ada penilaian sehingga bank sampah baik tapi sejak adanya bank sampah Volume sampah ditempat sampah makin sedikit, sampah-sampah plastik tidak berserahkan lagi dijalan-jalan. dampak dari sisi ekonomi, bank sampah bisa menghasilkan uang,” pungkas Bawanda didampingi Sekcam Kalawat Iwan Senduk.

Pemberian penghargaan bagi kelas ibu hamil teladan

Istimewah pada Kunjungan di puskedes Watutumou 2, Aris memberikan penghargaan kepada bayi yang lulus asi eksklusif dan penghargaan kelas ibu hamil desa Watutumou 2.

Bidan desa Watutumou 2 Joice Silangen, Str. Kebidanan usai menerima kunjungan Tim pembinaan KKS merasa bangga atas kunjungan Tim KKS di puskesdes desa Watutumou 2 karena selalu terpilih sejak tahun 2012 dikunjungi sebagai desa sehat.

“Kami sangat bangga atas kunjungan tim pembinaan pusat, kunjungan ini bukan baru pertama kali tetapi sudah sejak tahun 2012 desa Watutumou 2 selalu terpilih mewakili desa sehat ” tandas Silangen.

(Deibby Malongkade)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *